Perform UD. Purnama Jati dalam Persaingan Inovasi Produk Oleh-oleh Khas Jember Di Era Revolusi Industri 4.0

Fatimah, Siti (2019) Perform UD. Purnama Jati dalam Persaingan Inovasi Produk Oleh-oleh Khas Jember Di Era Revolusi Industri 4.0. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fatimah_E20152080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kota Jember adalah kota yang terkenal akan makanan Oleh-oleh Khas Jembernya. Suwar Suwir adalah salah satu produk Oleh-oleh Khas Jember yang sudah tidak asing lagi di dunia. Dalam hal ini, dilihat dari perkembangan zaman yang semakin canggih dan kuat, para pengusaha harus dapat bersaing dalam berinovasi agar produknya mempunyai kualitas dan kuantitas yang baik dan halal. Para pengusaha atau pembisnis agar tidak dikatakan tertinggal, maka harus dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan teknologi-teknologi baru sehingga dapat dengan mudah untuk mencapai suatu tujuan utama (Visi dan Misi) perusahaan. Fokus Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana inovasi produk oleh-oleh khas Jember yang dilakukan oleh UD. Purnama Jati Di Era Revolusi Industri 4.0 ? (2) Bagaimana perform UD. Purnama Jati dalam persaingan inovasi produk oleh-oleh khas Jember Di Era Revolusi Industri 4.0 ? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi produk oleh-oleh khas Jember yang dilakukan UD. Purnama Jati Di Era Revolusi industri 4.0. (2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana perform UD. Purnama Jati dalam persaingan inovasi produk oleh-oleh khas Jember Di Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Risearch). Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Inovasi-inovasi produk Oleh-oleh Khas Jember yang dilakukan oleh UD. Purnama Jati Di Era Revolusi Industri 4.0, adalah dengan menggunakan enam tipe-tipe inovasi. Antaralain: tipe inovasi yang berbasis modulasi, ukuran, kemasan, desain, pengembangan bahan komplementer dan pengurangan. (2) Perform yang sudah dilakukan oleh UD. Purnama Jati dalam persaingan inovasi produk Oleh-oleh Khas Jember Di Era Revolusi Industri 4.0, yakni dengan menggunakan alat teknologi dan teknologi digital yang semakin canggih, yang mana dapat menghubungkan ribuan orang dimanapun dan kapanpun. Sehingga dapat memudahkan seorang pembisnis dalam berkomunikasi dengan pihak yang bersangkutan dengan perusahaan, baik yang berada didalam perusahaan atau diluar perusahaan. Dan hal ini tentu sangat mempengaruhi empat aspek utama bisnis, yaitu: Peningkatan Produk, Inovasi Kolaboratif, Customer Exspectations (Harapan Pelanggan) dan Bentuk Kerjasama dan Kesetaraan. Kata Kunci: Perform, Persaingan Inovasi Produk, dan Revolusi Industri 4.0

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:51
Last Modified: 06 Feb 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item