Khotikoh, Siti (2019) Manajemen Layanan Konseling dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Perikanan dan Kelautan Puger Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Khotikoh_084143115.pdf Download (15MB) |
Abstract
Pada hakikatnya bimbingan konseling merupakan salah satu program yang tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan. Masalah sikap dan sosia dapat di timbulkan karena siswa mengalami masalah yang berdampak pada prestasinya. Oleh karena itu, diperlukan manajemen bimbingan konseling untuk membimbing siswa siswi SMK Perikanan dan Kelautan Puger. Pelayanan bimbingan konseling tersebut dapat membantu sekolah dalam merealisasikan tujuan pendidikan seperti membentuk pribadi manusia yang sempurna agar dapat mencetak lulusan (output) yang berkualitas. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Mendeskripsikan perencanaan manejemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta di SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan manejemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta di SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi manejemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta di SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu.Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Keabsahan datanya menggunakan metode validitas trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Prosedur yang digunakana dalahm ereduksi data, penyajian data, dan penarikan keseimpulan. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini, antara lain: 1) Perencanaan BK di SMK PerikanandanKelautanPugerJemberberupa program tahunan, dan program semester. 2) Pelaksanaan progam BK di SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember, untuk membimbing bersifat preventif meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan bimbingan kelompok. Sedangkan layanan konseling bersifat kuratif berupa layanan bimbingan konseling perorangan atau bimbingan kelompok, 3) Evaluasi proses berdasarkan pelaksanaan BK di SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember baik layanan bimbingan bersifat preventif atau layanan konseling bersifat kuratif dengan menggunakan prosedur pelaksanaan yang tepat, sehingga tujuannya tercapai. Sedangkan evaluasi hasil layanan bimbingan bersifat preventif maupun konseling bersifat kuratif berjalan dengan baik dengan hasil yang memuaskan, karena membawa dampak positif bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 07:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18463 |
Actions (login required)
View Item |