Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty M-Banking Bank Mandiri Syariah (Studi pada Nasabah Pengguna M-Banking BSM KC Jember).

Azizah, Siti Shoimatul (2020) Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty M-Banking Bank Mandiri Syariah (Studi pada Nasabah Pengguna M-Banking BSM KC Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Shoimatul Azizah_E20161087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menanggapi adanya teknologi informasi yang semakin maju dan penting dalam sektor perbankan, bank harus berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan dalam merebut jumlah nasabah. Sektor perbankan sudah mulai berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan IT tersebut. Salah satunya yakni, bank mengembangkan layanannya tidak lagi hanya dengan slogan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang telah berkembang searah dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup, agar suatu produk dapat dikenal dan terlihat berbeda dengan produk yang lain, maka perlu adanya suatu nama atau merek (brand), yakni dengan adanya m-banking. Dalam brand loyalty (loyalitas merek) terdapat faktor yang mempengaruhi yaitu brand image (citra merek) yakni asosiasi dan keyakinan terhadap merek tertentu, faktor loyalitas juga di pengaruhi oleh brand trust (kepercayaan merek). Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apakah brand image berpengaruh terhadap brand loyalty m-banking? (2) apakah brand trust berpengaruh terhadap brand loyalty m-banking? (3) apakah brand image dan brand trust secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap brand loyalty m-banking?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh brand image terhadap brand loyalty m-banking pada nasabah BSM KC Jember (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh brand trust terhadap brand loyalty m-banking pada nasabah BSM KC Jember (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh brand image dan brand trust secara simultan (bersama-sama) terhadap brand loyalty m-banking pada nasabah BSM KC Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode penarikan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand image dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty m-banking pada nasabah BSM KC Jember, sebab mempunyai nilai signifikansi < 0,05 (0,002 untuk brand image, 0,000 untuk brand trust). Dan secara simultan brand image, dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty m-banking dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Brand Image, Brand Trust, dan Brand Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:51
Last Modified: 06 Feb 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18464

Actions (login required)

View Item View Item