Metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II di MI Al-Ihsan Full Day Scholl Balung Tahun Ajaran 2020/2021.

Wahyuni, Siti (2021) Metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II di MI Al-Ihsan Full Day Scholl Balung Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Wahyuni_T20174028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Bernyanyi , Pembelajaran Mufrodat bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas II di MI Al-Ihsan Full Day Scholl Balung Jember. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran bahasa Arab terutama tentang pembelajaran mufrodat. Fokus tujuan ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II di MI Al-Ihsan Full Day School?; 2) Apa kelebihan dan kelemahan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II di MI Al-Ihsan Full Day School?. Tujuan penelitian ini untuk 1) Untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II MI Al-Ihsan Full Day Schooll Balung. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II MI Al-Ihsan Full Day Schooll Balung. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, lokasi penelitian berada di MI Al-Ihsan Full Day Schooll Balung dan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive , metode dalam pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun analisa data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Dalam penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab melalui tiga tahap, pertama pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun media yang digunakan adalah media gambar. 2) Kelebihan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab kelas II adalah dapat membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa, bisa menimbulkan rasa senang dalam diri siswa, juga lebih mudah memahami dan hafal akan materi yang disampaikan. Adapun kelemahan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas II yaitu kurang cocok diterapkan pada kelas besar, dan akan kurang efektif pada siswa yang pendiam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200599 Literary Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:53
Last Modified: 06 Feb 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18468

Actions (login required)

View Item View Item