Hasanah, Sofiyatun (2021) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Mlandingan Tahun Ajaran 2020/2021 Semester Genap. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sofiyatun Hasanah_T20173015.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi guru, Masa Pandemi Pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap individu dan sebagai kunci pembangunan sumer daya manusia. Strategi peningkatan kompetensi guru yang dilakukan oleh kepala sekolah guna untuk meningkatkan skill dan kualitas guru dalam bekerja. Hal ini sesuai dengan tujuan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu untuk menambah pengetahuan juga wawasan guru agar dapat menjadi guru yang berkualitas. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Mlandingan?, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Mlandingan?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru selama pandemi covid-19 di SMPN 1 Mlandingan, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Mlandingan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, Observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan model interaktif menurutMiles Huberman dan Saldana dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini: 1) Strategi peningkatan kompetensi guru pada masa pandemi ada 3 pertama, pembinaan guru dengan belajar menggunakan google classsroom pada masa pandemi. Kedua, pengarahan yaitu megirimkan link seminar, workshop, pelatihan dan lain-lain agar diikuti oleh guru. Ketiga, pendidikan dan pelatihan, yaitu meningkatkan kompetensi dan profesionalitas serta kulitas guru. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kompetensi guru dimasa pandemi adalah: faktor pendukung, a) Disiplin, dengan datang tepat waktu ke sekolah, b) Pemberian motivasi, dengan memberi wejangan ketika rapat maupun diluar rapat untuk menarik semangat guru, c) Penghargaan, berupa kesempatan mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi dan pemberian sertifikat. Faktor penghambatnya adalah, a) Ketidak pedulian guru terhadap kinerjanya (acuh tak acuh), sehingga guru mengajarkan mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kualifikasinya, b) kekurangnya guru menguasai IT, sehingga guru kesulitan dalam mengoperasikan media teknologi yang digunakan dalam pelatihan daring maupun pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 07:53 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 07:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18470 |
Actions (login required)
View Item |