Pengembangan Bahan Ajar Risalah Mufidah Dalam Meningkatkan Penguasaan Santri Penghafal Al-Qur'an Terhadap Ilmu Qira'at Sab'ah di PPTQ. Yasinat Wuluhan Jember.

Muti'ah, Tatik (2021) Pengembangan Bahan Ajar Risalah Mufidah Dalam Meningkatkan Penguasaan Santri Penghafal Al-Qur'an Terhadap Ilmu Qira'at Sab'ah di PPTQ. Yasinat Wuluhan Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tatik Muti'ah_0849319070.pdf

Download (19MB)

Abstract

Kunci: Bahan Ajar, Ilmu , Risalah Mufidah Salah satu identitas yang dimiliki al- adalah kalamulloh yang disampaikan dari generasi ke generasi berikutnya secara berkesinambungan, berkelanjutan, dan terus menerus secara mutawatir sehingga otentitas alakan terpelihara. Maka menjaga riwayat alberikutnya adalah sebuah kewajiban umat Islam. Cara membaca dan menjaga kitab suci almacam riwayat saja, melainkan perlu juga mempelajari macam-macam qiraat dari beberapa riwayat yang mutawatir dari Rasulullah, karena semua riwayat tersebut adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang wajib dijaga eksistensinya. Di antara rumpun bacaan al- Qiraat . Hukum mempelajari dan mengajar adalah fardlu kifayah. Ilmu merupakan salah satu ilmu yang serumpun dengan ulumul - padahal jika mau dieksplorasi lebih dalam lagi ilmu ini dapat menjadi salah satu disiplin ilmu yang mandiri. sehingga peneliti sangat tergerak untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku dengan nama Risalah Mufidah yang berisi materi-materi dasar sebagai salah satu disiplin Ulumul . Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah : (1)mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan buku Risalah Mufidah, (2)mengetahui efektifitas buku Risalah Mufidah dalam meningkatkan penguasaan santri penghafal al- . Metode Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Plomp melalui beberapa tahapan sebagai berikut : (1)tahap investigasi awal, (2)tahap perancangan/desain, (3)tahap realisasi/konstruksi, (4) tahap validasi, evaluasi, dan revisi, dan (5) tahap uji coba. Dari hasil penelitian ditemukan : hasil validasi menunjukkan tingkat ratarata : 94,6% dengan perincian : validasi materi 95,5%, validasi bahasa 93,3%, validasi desain 95%, Dengan demikian bahan ajar memiliki validitas sangat baik. Sementara hasil post tes dan Hasil analisis paired sample test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,006 < 0,05. Sedangkan selisih rata-rata antara posttest Kelompok A dan Kelompok B adalah 9,75. Berdasarkan tabel di atas juga diperoleh data t hitung sebesar dengan derajat kebebasan (degree of freedom) sebesar 19 dan nilai 0,05/2 sama dengan 0,025. Maka ditemukan t tabel sebesar 2,086. Oleh karena t hitung 3.074 > t tabel 2,086 maka disimpulkan bahwa bahan ajar Risalah Mufidah efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:54
Last Modified: 06 Feb 2023 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item