PengaruhProdukGadaiEmasTerhadapMinatNasabahDalamBertransaksi di PT. Bank SyariahMandiri KFO PosBanyuwangi .

Wahyuni, Tri (2016) PengaruhProdukGadaiEmasTerhadapMinatNasabahDalamBertransaksi di PT. Bank SyariahMandiri KFO PosBanyuwangi . Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tri Wahyuni_083123027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seiringdenganperkembanganzaman, aktivitasgadaitidakhanyadilakukanolehlembagajaminansepertipegadaian(konvensi onal), namundenganperkembanganperbankansyariah yang sangatpesatmampumenyaingiperbankankonvensional. Praktekgadaidalamperbankansyariahdisebutdenganrahn.AdapunProdukGadai yang diterbitkanolehPT.Bank Syariah Mandiri KFO Pos Banyuwangi, seperti gadai emas Syariah. hal ini salah satunya dikarenakan bahwa emas adalah asset yang paling mudah dicairkan dibandingkan dengan yang lain sehingga menekan terjadinya wanprestasi oleh nasabah. Menurut fatwa DSN MUI Nomor 26/DSNMUI/III/2002 salah satu bentuk jasa pelayanan yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah Rahn Emas, yaitu menahan barang sebagai jaminan atas utang. Dalam upaya menarik minat nasabah untuk melakukan transaksi, Bank melakukan berbagai strategi. Hal itu di karenakan minat nasabah sangat berperan penting sekali bagi bank tersebut untuk keberlangsungan operasionalnya. Hadirnya PT. Bank Syariah Mandiri di daerah-daerah dengan berbagai macam layanan dan produknya terutama gadai emas di harapkan mampu mengatasi perekonomian masyarakan kecil agar menjadi masyarakat mandiri, serta menarik minat masyarakat agar melakukan transaksi gadai emas di PT. Bank Syariah Mandiri. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a) bagaimanakah pengaruh produk gadai emas terhadap minat nasabah dalam bertransaksi di PT.Bank Syariah Mandiri KFO pos banyuwangi?, b) seberapa besar pengaruh produk gadai emas terhadap minat nasabah dalam Bertransaksi di PT.Bank Syariah Mandiri KFO Pos Banyuwangi? Tujuanpenelitianinidilakukanuntukmengetahuipengaruhprodukgadaiemas syariahterhadapminatnasabahDalamBertransaksi di PT. Bank SyariahMandiri KFO PosBanyuwangidanuntukmengetahuiseberapabesarPengaruhProdukGadaiEmasSy ariahTerhadapMinatNasabahDalamBertransaksi di PT.BankSyariahMandiri KFO PosBanyuwangi. Penelitianinimenggunakanmetodependekatankuantitatifdenganjenispeneliti anfield research.Adapunteknikanalisis yang digunakandalampenelitianiniialahregresi linier sederhana, yaituuntukmengetahuipengaruhdarisatuvariabelbebasterhadapsatuvariabelterikat. Dalamanalisisregresi linier sederhana, adaduahal yang harusdiperhatikan, yaitu: KoefiseienDeterminasi (R2 ), danUji t. Namunsebelummelakukananalisisregresi, terlebihdulu data harusmemenuhiUjiAsumsiKlasik. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaprodukgadaiemasberpengaruhter hadapminatnasabahdalambertransaksi PT Bank SyariahMandiri KFO digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ii PosBanyuwangimeskipundengantingkatpengaruh yang sangatkecilyaituhanyasebesar 1,1 %. Kata Kunci :Gadai (Rahn),MinatNasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:54
Last Modified: 06 Feb 2023 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item