Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember.

Zulfa, Tutik Indana (2019) Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tutik Indana Zulfa_E20151016.pdf

Download (16MB)

Abstract

Seiring perkembangannya untuk menghadapi tantangan eksternal PT Pegadaian terus berinovasi akan produk-produknya. Salah satu produk hasil inovasi dari PT Pegadaian (Persero) adalah tabungan emas. Setiap tahun keputusan masyarakat dalam memilih produk tabungan emas semakin meningkat. Salah satu faktor psikologis yang bepengaruh dalam pengambilan keputusan adalah motivasi. Sedangkan yang memotivasi konsumen untuk membeli disebut motif. Pada dasarnya motif dapat dibedakan menjadi dua yakni motif rasional dan motif emosional. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh motif rasional terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember ? 2) Adakah pengaruh motif emosional terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember ? 3) Adakah pengaruh motif rasional dan motif emosional secara simultan terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember ?. Penelitian ini dilakukan pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Dalam penelitian ini data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dengan pengambilan sampel insidental sampling. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penyebaran kuesioner. Analisis data kuantitatif meliputi uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Berdasarkan hasil penelitian pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember, dapat disimpulkan bahwa :1) Variabel motif rasional secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap variabel keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember karena t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 1,962 < 2,0181 dan signifikansi 0,054 > 0,05. 2) Variabel motif emosional secara parsial berpengaruh positif terhadap variabel keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember karena t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,961 > 2,0181 dan signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Variabel motif rasional dan variabel motif emosional berpengaruh secara simultan terhadap keputusan masyarakat di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 22,977 > 3,15 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci : Motif Rasional, Motif Emosional, keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:57
Last Modified: 06 Feb 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18481

Actions (login required)

View Item View Item