Pola Asuh Orang Tua dalam Pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Fatimah, Vika (2019) Pola Asuh Orang Tua dalam Pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vika Fatimah_T20151381.pdf

Download (15MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in atau yang dikenal dengan MTs Hidayatul Mubtadi’in merupakan salah satu madrasah yang berada di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember yang memiliki tujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia. Berdasarkan obsevasi yang dilakukan oleh peneliti di lingkungan madrasah, kurangnya peran orang tua dalam pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak yang berdampak terhadap pendidikannya. Hal ini menjadi faktor penyebab kurang optimalnya perkembangan EQ anak yang disebabkan karena sebagian besar berasal dari orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan anaknya dan menganggap maju tidaknya anak dalam belajar merupakan tugas guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini difokuskan pada; 1) Bagaimana pola asuh orang tua dalam pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana strategi orang tua dalam pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa obsevasi partisipasi pasif, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi dengan teknik penentuan subjek penelitian yang digunakan secara purposive. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini yaitu; 1) Pola asuh orang tua dalam pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 menggunakan tiga pola asuh yakni pola asuh demokratis, otoriter, dan permisif. a) Pola asuh demokratis dilakukan oleh 12 orang tua dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda yakni petani, pedagang, guru, dan karyawan swasta dengan cara mengajarkan kedisiplinan, membimbing anak untuk mematuhi peraturan, mengapresiasi setiap keberhasilan anak, dan melatih tanggung jawab anak. b) Pola asuh otoriter yang cenderung keras dan disiplin, digunakan oleh 2 orang tua dengan latar belakang pekerjaan wiraswasta. c) Pola asuh permisif yang membiarkan anak untuk bertindak digunakan oleh 1 orang tua dengan latar belakang pekerjaan wiraswasta. 2) Strategi orang tua dalam pengembangan EQ (Emotional Quotient) anak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan dengan cara a) mengenali emosi anak b) membantu anak mengelola emosinya c) membantu anak untuk bisa memotivasi diri sendiri d) mengajarkan anak untuk dapat membina hubungan baik dengan orang lain e) mengajari anak agar memiliki sifat empati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 08:23
Last Modified: 06 Feb 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18489

Actions (login required)

View Item View Item