Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Syariah (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2015 Se-Kabupaten Jember).

Agustin, Yuliana (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Syariah (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2015 Se-Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuliana Agustin_E20153006.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan akuntansi yang diselenggarakan di perguruan tinggi ditujukan untuk mendidik mahasiswa agar dapat bekerja sebagai seorang Akuntan profesional yang memiliki pengetahuan dibidang akuntansi dan memiliki kemampuan secara hard skill serta soft skill. Namun melihat kebutuhan pasar kerja dan dunia kerja, ternyata yang dibutuhkan bukan hanya penguasaan ilmu, tetapi juga keterampilan yang lain seperti kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah? (2) Apakah kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah? (3) Apakah perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah? (4) Apakah kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi syariah secara simultan? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah. (2) Untuk menganalisis pengaruh signifikan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah. (3) Untuk menganalisis pengaruh signifikan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah. (4) Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi syariah secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi SeKabupaten Jember (Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember dan Institut Agama Islam Negeri Jember) sebanyak 467 mahasiswa. Sedangkan sampelnya yaitu mahasiswa aktif jurusan Akuntansi angkatan tahun 2015 sebanyak 117 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampel yaitu Purposive Sampling. Alat analisa data berupa uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2 ) dengan bantuan program SPSS Versi 22. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah. Kata kunci: Kecerdasan emosonal, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, pemahaman akuntansi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:05
Last Modified: 07 Feb 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18495

Actions (login required)

View Item View Item