Interaksi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dalam Menjalin Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis

Wahyuningsih, Yulis Sri (2015) Interaksi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dalam Menjalin Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulis Sri Wahyuningsih_082 111 040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dengan interaksi, begitu juga dengan mahasiswa dan mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, seringnya terlibat dalam proses hubungan timbal balik yang dilakukan individu dengan individu (komunikasi antar pribadi) tidak menutup kemungkinan tercipta keakraban antara laki-laki dan perempuan. Komunikasi antar pribadi yang menimbulkan keakraban bisa lihat melalui teori penetrasi sosial yang dicetuskan oleh Altman dan Taylor. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi mahasiswa IAIN Jember dalam menjalin komunikasi dengan lawan jenis dan apa saja faktor pendukung dan penghambat degradasi etika dan moral mahasiswa IAIN Jember dalam berinteraksi dengan lawan jenis, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi mahasiswa dalam berkomunikasi dengan lawan jenis dan mengetahui moral mahasiswa dalam menjalin komunikasi dengan lawan jenis di kampus IAIN Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) yang bersifat komprehensif, intens, rinci dan mendalam serta lebih diarahkan sebagai upaya menelaah masalah-masalah atau fenomena yang bersifat kontemporer, kekinian yang terjadi dikalangan mahasiswa IAIN Jember. Hasil penelitian ini menggungkapkan bahwa interaksi mahasiswa IAIN Jember dengan lawan jenis sangat akrab, ketika kencan di kampus atau di luar kampus keduanya melakukan sampai ke bentuk komunikasi sentuhan, sentuhan ini biasanya ditandai dengan menempelnya kulit dengan kulit. Seperti halnya berpegangan tangan saat berjalan, berpelukan saat boncengan, saling memukul saat bersenda gurau, hingga mencium kening lawan jenis yang semuanya mengindikasikan bentuk kasih sayang yang di tunjukan dalam sebuah hubungan. Adapun faktor pendukung degrasi etika dan moral mahasiswa IAIN Jember dalam menjalin komunikasi antar pribadi dengan lawan jenisnya adalah iman, kesempatan dan kemauan, kemajuan teknologi informasi, tayangan televisi, kurangnya penghayatan terhadap agama dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat degrasi etika dan moral mahasiswa IAIN Jember dalam menjalin komunikasi antar pribadi dengan lawan jenisnya yakni memperkuat iman, memfilter isi media seperti televisi, khusus kampus agar melakukan sterilisasi kegiatan-kegiatan kampus pada malam hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:06
Last Modified: 07 Feb 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18496

Actions (login required)

View Item View Item