Penerapan Keterampilan Bertanya Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017

Salim, Agus (2016) Penerapan Keterampilan Bertanya Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agus Salim_084121102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan bertanya adalah kegiatan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir dan memperoleh pengetahuan lebih banyak. Keterampian bertanya sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap tahap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas dan kreativitas siswa dalam menjawab pertanyaan. Fokus penelitian ini adalah a). bagaimana penerapan keterampilan bertanya dasar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2016/2017? b). bagaimana penerapan keterampilan bertanya lanjutan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dalam penelitian ini adalah a). mendeskripsikan penerapan keterampilan bertanya dasar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2016/2017? b). mendeskripsikan penerapan keterampilan bertanya lanjutan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2016/2017? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan model Interaktif Milles dan Hubermen dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa a). penerapan keterampilan bertanya dasar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak berupa pemberian pertanyaan dengan jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan perhatian, pindah giliran menjawab, pemberian waktu berfikir dan pemberian tuntunan kepada siswa. b). penerapan keterampilan bertanya lanjutan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak berupa pemberian pertanyaan dengan mengubah tingkat kognitif, pengaturan urutan pertanyaan, pertanyaan pelacak, dan peningkatan terjadinya interaksi antar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:18
Last Modified: 07 Feb 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18514

Actions (login required)

View Item View Item