Strategi Komunikasi Massa Wisata BUNDER (Bangsring Underwater) Banyuwangi Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Lokal.

Mahbubi, Ahmad Farih (2019) Strategi Komunikasi Massa Wisata BUNDER (Bangsring Underwater) Banyuwangi Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Lokal. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Farih Mahbubi_083144145.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi terjadi dalam bidang kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, seorang komunikator dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu untuk menggunakan berbagai macam media atau sarana komunikasi guna menyampaikan pesan atau infomasi kepada pihak lain secara efektif dan efisien. Komunikasi massa merupakan komunikasi yang dilakukan guna mencakup khalayak ramai. Komunikasi massa bersifat umum, terbuka, heterogen namun berlaku satu arah dan dilakukan melalui media yang terlembagakan. Media yang digunakan disebut media massa. Komunikasi massa sangat penting pada sebuah pariwisata, karena target sebuah pariwisata adalah khalayak ramai guna memberikan informasi dan memberikan edukasi. Seperti wisata Bangsring underwater Banyuwangi menggunakan media massa sebagai alat untuk berinteraksi dengan seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi massa wisata Bangsring underwater Banyuwangi. 2) Bagaimana kontribusi wisata Bangsring underwater Banyuwangi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi massa wisata Bangsring underwater Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui kontribusi wisata Bangsring underwater Banyuwangi terhadap pendapatan masyarakat lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan deduksi data, penyajian data, dan verifikas/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi komunikasi massa yang diterapkan wisata Bangsring underwater Banyuwangi menggunakan tiga media massa yakni media massa online, media massa cetak dan media massa elektronik. 2) Dengan adanya wisata Bangsring underwater ini dapat menyediakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal. Wisata Bangsring underwater merupakan suatu wahana bagi masyarakat di Desa Bangsring yang bisa merangsang mereka untuk lebih giat bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:18
Last Modified: 07 Feb 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item