Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Orang Dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016

Laila, Maryam Alfin Nur (2016) Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Orang Dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maryam Alfin Nur Laila_084 121 206.pdf

Download (6MB)

Abstract

Begitu banyak nilai yang terkandung dalam sebuah agama, sehingga untuk mencapai sebuah gelar yang dinamakan sebaik-baiknya umat maka setiap muslim harus pandai membaca, menulis, berilmu, dan berakhlak. Dan semua hal itu dapat ditempuh dengan jalan memahami Al-Qur’an. Hal ini telah termasuk dalam salah satu upaya yang dilakukan oleh Taman Pendidikan Qur’an Burhan Al-Jauhari yang bertujuan untuk membimbing dan menciptakan sumberdaya yang Islami serta berupaya untuk menunjang program pembangunan nasional dan memperbaiki kehidupan para orang dewasa yang berada di sekitar lingkungan lembaga tersebut, dengan cara mengadakan pembinaan khusus dalam meningkatkan keilmuannya melalui kegiatan keagamaan (pengajian agama). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. 2) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an menggunakan kaidah tajwid untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran AlQur’an untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembelajaran AlQur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. 2) Mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan kaidah tajwid untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2016. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari Demangan Kesilir Wuluhan Jember tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran AlQur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari para asatidz menggunakan metode pembelajaran tilawati, baik hijaiyyah tunggal, berangkai, maupun sifat-sifat huruf dan makhorijul huruf. 2) Pembelajaran Al-Qur’an menggunakanan kaidah tajwid untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari para asatidz menggunakan metode tilawati dan metode pembelajaran yang dipakai menggunakan metode baca simak, klasikal dan individual. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa di TPQ Burhan Al-Jauhari, faktor pendudukung adalah sebagai berikut: Kepala TPQ dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan keagamaan para santri, ustadz/ustadzah profesional, kedisiplinan ustadz/ustadzah. Sedangkan faktor penghambat adalah sebagai berikut: santri jarang masuk dengan alasan keluarga dan ekonomi, lemahnya daya ingat, latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, kurangnya semangat dan kemauan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:48
Last Modified: 09 Feb 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18526

Actions (login required)

View Item View Item