Kerjasama Madrasah Dan Wali Murid Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Mts Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016.

Aini, Qorirotul (2016) Kerjasama Madrasah Dan Wali Murid Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Mts Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qorirotul Aini_084 121 149.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam kehidupan nyata atau kesehariannya, manusia itu perlu memiliki pengetahuan dalam segala bidang yang berhubungan dengan jati dirinya, seperti tingkah laku dan perbuatan yang di lakukan. Oleh sebab itu, agar seseorang tidak menyimpang dari norma kesusilaan mengenai perbuatannya, maka diperlukan bimbingan dan arahan untuk mengatasi perbuatan yang di anggap menyimpang atau tidak sesuai dengan norma-norma yang ada. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang di gunakan kerjasama madrasah dan wali murid dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kerjasama madrasah dan wali murid dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan strategi yang di gunakan kerjasama madrasah dan wali murid dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kerjasama madrasah dan wali murid dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Display Data, dan Kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi Sumber dan tehnik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi yang di gunakan kerjasama madrasah dan wali murid dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Nurul Ulum Desa Pengarang Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso adalah preventif (mencegah), represif (pembinaan), dan kuratif (penyembuhan). 2) Faktor Pendukung dalam kerjasama madrasah dan wali murid dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Nurul Ulum, antara lain: Kepala sekolah selalu memberikan pengawasan terhadap semua komponen yang ada disekolah, Semua guru mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan oleh guru agama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Fasilitas seperti buku pelajaran agama yang kurang memadai, Faktor teman sebaya, dan Perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:49
Last Modified: 09 Feb 2023 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item