Korelasi antara Internal Locus Of Control dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Ainiyah, Qurrotu (2015) Korelasi antara Internal Locus Of Control dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotu Ainiyah_084 111 223.pdf

Download (7MB)

Abstract

Internal locus of control adalah gambaran keyakinan individu bahwa suatu kejadian yang dialami seseorang akibat dari perilaku dan tindakannya sendiri. Mereka juga percaya bahwa pengalaman mereka dikendalikan oleh keterampilan dan usaha mereka sendiri. Hal inilah menyebabkan seorang siswa yang memiliki internal locus of control menjadi rajin belajar dan cara belajarnya efektif sehingga memiliki prestasi yang baik di sekolah. Dalam konteks pembelajaran, prestasi maupun keberhasilan selalu dilihat dari hasil belajarnya yang telah dicapai oleh siswa. Realita di SMA Negeri 1 Jenggawah masih ada beberapa yang Internal locus of control rendah, namun hasil belajarnya masih di atas normal, begitu juga sebaliknya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana internal locus of control siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016?. 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016?. 3) Apakah ada korelasi antara internal locus of control dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internal locus of control siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan seberapa kuat korelasi internal locus of control dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Populasi sebanyak 682 dan responden sebanyak 253 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified proportional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis, yaitu: Analisis deskriptif dengan mencari prosentase masing-masing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan contingency coefficient (C) yang sebelumnya dianalisis dengan chi kuadrat. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) internal locus of control pada kategori tinggi 42 siswa dengan prosentase 17%, kategori sedang 172 siswa dengan prosentase 68% dan pada kategori rendah 39 siswa dengan prosentase 15%. 2) hasil belajar pada kategori tinggi 32 siswa dengan prosentase 13%, kategori sedang 211 siswa dengan prosentase 83% dan pada kategori rendah 10 siswa dengan prosentase 4%. 3) Ada korelasi yang rendah antara internal locus of control dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:49
Last Modified: 09 Feb 2023 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18535

Actions (login required)

View Item View Item