Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Ubaidah, Ida (2017) Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IDA UBAIDAH_ 084134062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember salah satu lembaga yang menerapkan bimbingan belajar khususnya di kelas 1B. hal tersebut disebabkan karena tidak semua anak kelas 1B mengenyam sekolah TK sehingga sebagian siswa kelas 1B mengalami kesulitan dalam belajar, baik kesulitan belajar menulis, membaca maupun berhitung sehingga perlu diterapkan bimbingan belajar agar siswa dapat memiliki sikap, keterampilan, dan kebiasaan belajar positif sehingga dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah Pelaksanaan bimbingan belajar individual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2108? 2) Bagaimanakah Pelaksanaan bimbingan belajar kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2108? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Pelaksanaan bimbingan belajar individual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2108? 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan bimbingan belajar kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2108? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif model Milles dan Hubermen dengan langkah-langkah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan bimbingan belajar individu dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember yaitu mendiagnosis kesulitan belajar siswa, merencanakan dan menetapkan tujuan bimbingan belajar individual, menetapkan materi atau bahan ajar, penilaian, waktu dan tempat yang akan digunakan. Kemudian siswa yang mengalami kesulitan belajar akan dipanggil satu persatu (bertatap muka) untuk dilakukan bimbingan belajar sesuai kesulitan belajar yang dialami selanjutnya akan dilakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut. 2) Pelaksanaan bimbingan belajar kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember yaitu dengan mendiagnosis kesulitan belajar siswa, merencanakan dan menetapkan materi, metode, penilaian, serta waktu dan tempat kemudian pelaksanaan bimbingan belajar kelompok dengan menggunakan berbagai macam metode, yaitu metode home room, kegiatan kelompok, dan karya wisata alam. Selanjutnya setelah dilaksanakan bimbingan belajar kelompok maka yang dilakukan adalah mengevaluasi siswa untuk mengukur kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:50
Last Modified: 09 Feb 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18556

Actions (login required)

View Item View Item