Praktik Permodalan Bersyarat Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Desa Cumedak Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember 2016.

Mubarak, M. Husni (2016) Praktik Permodalan Bersyarat Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Desa Cumedak Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Husni Mubarak_ 083122069.pdf

Download (42MB)

Abstract

Transaksi Permodalan bersyarat merupakan salah satu cara yang digunakan oleh masyarakat di desa Cumedak kecamatan Sumberjambe kabupaten Jemberdalam memenuhi kebutuhan demi keberlangsungan hidupnya dan keluarganya. Praktik permodalan di desa Cumedak sama halnya permodalan pada umumnya, hanya saja Praktik permodalan yang dilakukan di desa Cumedak berbeda dalam segi jaminannya yaitu berupa syarat, syarat tersebut yaitu hasil panen penerima hutang modal harus menjual kepada juragan pemberi hutang modal. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik permodalan bersyarat di desa Cumedak kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember? 2) Bagaimana perspektif etika bisnis Islam terhadap praktik permodalan bersyarat di desa Cumedak kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Praktik permodalan bersyarat di Desa Cumedak Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember: 2) Mendeskripsikan perspektif Etika bisnis Islam terhadap praktik permodalan bersyarat di desa Cumedak kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) karena data penelitian ini diperoleh dari masyarakat melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan. 1) Praktik permodalan bersyarat di desa Cumedak kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember yang terjadi yaitu juragan akan mencairkan dana hutang modal jika petani yang akan berhutang modal tersebut menerima syarat yang diajukan oleh juragan, syarat yang harus dipenuhi yaitu hasil panen petani harus dijual kepada juragan pemberi hutang modal tersebut. 2) Analisis etika bisnis Islam terhadap Praktik permodalan bersyarat di desa Cumedak kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember belum bisa dibenarkan kesesuaiannya, karena permodalan yang terjadi ada tambahan syarat, sehingga ada unsur keterpaksaan dalam transaksi tersebut. Maka dalam perspektif etika bisnis Islam tidak dibenarkan dalam berbisnis ada paksaan, baik itu paksaan secara kasar maupun halus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:51
Last Modified: 09 Feb 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18564

Actions (login required)

View Item View Item