Anggara, M. Reza (2017) Penggunaan Media Berbasis Komputer DalamMeningkatkan Pedagogik Guru Pendididkan Agama Islam DalamPembelajaranDi SMP Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
M.REZA DWI ANGGARA_084121318.pdf Download (13MB) |
Abstract
Guru Sebagai tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting dalamkegiatan pembelajaran. Sejalan dengan upaya pemerintah dalammeningkatkanmutu pendidikan, maka peningkatan kompetensi guru dalamproses belajar megajar, khususnya kompetensi pedagogik yang merupakan kemampuangurudalam pengelolaan pembelajaran peserta didik. Kompetensi guru PendidikanAgama Islam dalam hal ini sangat berperan penting, sehingga nilai-nilai luhur agama Islam yang diajarkan bukan hanya menjadi ilmu pengetahuan saja, tetapi dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya para siswadi samping mempunyai kecerdasan intelektual dan pemahaman agama yangbaik, juga mempunyai akhlak yang terpuji. Penelitian ini berfokus pada masalah kegiatan pembelajaran berbasisTeknologi Informasi yang dilakukan oleh salah satu guru Pendidikan AgamaIslam di SMP Negeri 1 Jember. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa aktivitaspembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kebanyakan masihkonvensional, dimana guru memainkan peran utama dalammemperolehpengetahuan, sedangkan siswa yang kurang terlibat secara aktif. Faktor-faktor untuk mengembangkan standar guru dalam mengajar berbasis teknologi informasi, penelitian ini menemukan bahwa kemampuan dan keterampilan guru dalammenggunakan teknologi seperti komputer, laptop, LCD dan internet merupakanfaktor utama. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian yang diangkat dalamskripsi ini adalah (1)bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan media MacromediaFlash dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalamprosespembelajaran di SMP N 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017, (2) bagaimanapelaksanaan pembelajarana menggunakan media Powerpoint dalammeningkatkankompetensi pedagogik guru dalam proses belajar mengajar di SMP N1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimanapelaksanaan pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash dalammeningkatkan pedagogik guru Pendikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017,(2) bagaimana pelaksanaan pembelajaranmenggunakan media Powerpoint dalam meningkatkan pedagogik guru PendikanAgama Islam di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif denganjenispenelitian kualitatif deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitian menggunakanpurposive sampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dari penelitian dan pengolahan data yang diperoleh dapat disimpulkanbahwa (1) Penggunaan Macromediaflash dalam proses pembelajaran PendidikanAgama Islam kurang diminati oleh pendidik dan peserta didik, dikarenakangurucenderung hanya menayangkan animasi yang kurang bervariatif, (2) PenggunaanPowerpoint dalam proses pembelajaran sangat diminati oleh peserta didik, dikarenakan peserta didik diwajibkan membuat slide sendiri pada setiappertemuan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:51 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18565 |
Actions (login required)
View Item |