Implementasi Pengelolaan Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember

Kusumawati, Miranda Aprilia (2018) Implementasi Pengelolaan Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIRANDA APRILIA KUSUMAWATI_084 133 002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan Program PDCI diselenggarakan melalui pengelolaan pembelajaran dengan sistem SKS pada program PDCI yang dikelola dalam bentuk pembelajaran yang berdiferensiasi bagi masing-masing kelompok peserta didik yang berbeda kecepatan belajarnya yang mempunyai kecerdasan istimewa. Peserta didik yang diberi kecerdasan istimewa didefinisikan sebagai peserta didik yang memiliki kecerdasaran rata-rata (IQ 130 atau lebih) di beberapa kriteria peserta didik dengan memiliki kecerdasan di berbagai bidang seni, musik,ataupun matematika. Standar penerimaan untuk peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa biasanya didasarkan pada kecerdasan akademik dan bakat. Fokus Penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan program peserta didik cerdas istimewa (PDCI) di MTsN 2 Jember tahun ajaran 2017/2018? 2).Bagaimana pelaksanaan program peserta didik cerdas istimewa (PDCI) di MTsN 2 Jember tahun ajaran 2017/2018? 3).Bagaimana evaluasi program peserta didik cerdas istimewa (PDCI) di MTsN 2 Jember tahun ajaran 2017/2018? Tujuan Penelitian ini adalah: 1).Untuk mendeskripsikan perencanaan program peserta didik cerdas istimewa (PDCI) di MTsN 2 Jember tahun ajaran 2017/2018. 2).Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program peserta didik cerdas istimewa (PDCI) di MTsN 2 Jember tahun ajaran 2017/2018. 3).Untuk mendeskripsikan evaluasi program peserta didik cerdas istimewa (PDCI) di MTsN 2 Jember tahun ajaran 2017/2018. Metode Penelitian diawali dari pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informanya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PDCI dan siswa. Adapun analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah: 1). Perencanaan program PDCI terdiri dari proses penyusunan program kegiatan, perencanaan guru dan tenaga pengelola program serta pengembangannya, recruitmen siswa PDCI, perencanaan kurikulum dan perencanaan fasilitas dan biaya. 2).Pelaksanaan program PDCI terdiri dari pelaksanaan penyusunan program kegiatan melalui pengembangan RPP dan silabus oleh guru PDCI, pemetaan kurikulum K13, pelaksanaan worksop dan diklat guru dan tenaga pengelola program PDCI, seleksi tes IQ dan pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia dan online. 3). Evaluasi program PDCI dilaksanakan melalui kegiatan ulangan harian, rapat paguyuban wali murid, catatan rekam bijak, catatan supervisi guru mengajar, dan laporan hasil belajar siswa PDCI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:51
Last Modified: 09 Feb 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item View Item