Analisis Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Banyuputih Kidul Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Husen, Muhammad (2020) Analisis Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Banyuputih Kidul Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Husen_0839218018.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Analisis Strategi, ekonomi pesantren, Kesejahteraan Masyarakat Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia yang bertujuan untuk tafaqquh fiddin (memahami agama) dan membentuk moralitas umat melalui pendidikan. Pesantren sebagai pusat kajian islam terus berkembang, tidak hanya menggeluti bidang pendidikan saja, lebih-lebih ikut serta dalam penataan sosial ekonomi. Berkembangnya pondok pesantren di zaman ini sesungguhnya berujung terhadap tiga fungsi utama yang senantiasa di emban yaitu. Pertama sebagai pusat doktrinasi, pengkaderan pemikir islam, kedua sebagai lembaga yang memilik power untuk melakukan pemberdayan budaya dan sosial ekonomi pada masyarakat, ketiga sebagai pencetak Sumber Daya Manusia yang lebih bermartabat Penelitian ini memfokuskan pada 1) Formulasi strategi pemberdayaan ekonomi pesantren dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PP Miftahul Ulum Lumajang, 2) implementasi strategi pemberdayaan ekonomi pesantren dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PP Mitahul Ulum Lumajang, dan 3) evaluasi strategi pemberdayaan ekonomi pesantren dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PP Miftahul Ulum Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif jenis studi kasus, dengan lokasi penelitian di PP Miftahul Ulum Lumajang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik purposive sampling Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan berbagai sumber, teori dan metode. Informan penelitian yang ditentukan secara purposive sampling yaitu ketua Yayasan, koordinator bidang ekonomi pesantren, ustad, masyarakat dan para santri PP Miftahul Ulum Lumajang. Dalam analisis strategi memberdayakan masyarakat penelitian ini menggunakan analisa swot Hasil penelitian ini meliput Strategi Pemberdayaan ekonomi pesantren dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat PP. Miftahul Ulum Lumajang sebagai pusat pemberdayaan dan meningkatkan dan kesejahteraan meliputi: 1) menyelenggaaraan pelayanan prima dalam bidang sosial, ekonomi dan kemanusiaan; 2) Menyelenggaraan pendidikan yang terintegrasi; dan 3) Menyelenggarakan dakwah Islamiyah yang berhaluan Aqidah Ala Ahlussunnah Wal Jamaah, Implementasi strategi pemberdayaan ekonomi pesantren dilihat dari tiga aspek, yaitu: pertama, sistem input, dua sistem proses, proses pembibitan, pengolahan tanah, pemupukan, pengendalian hama, dan pengairan atau irigasi yang cukup, pemasaran Air Minum dalam kemasan meneral Afiyah tiga sistem out put, produk pemasaran dan empat sistem pendukung, dan evaluasi kegiatan tersebut dilakukan, baik secara langsung atau tidak langsung seadangkan hasil yang dilakukan melalui dua tahap, yaitu laporan pertanggung jawaban (LPJ) pasca panen dan evaluasi dilakukan pada akhir tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:51
Last Modified: 09 Feb 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18572

Actions (login required)

View Item View Item