Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Sekolah di SMK Al-Imam Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Umami, Muhammad Rizal (2018) Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Sekolah di SMK Al-Imam Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Rizal Umami_084 133 047.pdf

Download (4MB)

Abstract

SMK Al-Imam Kalisat Jember merupakan lembaga pendidikan yang berada di lingkungan pondok pesantren dan tidak terlepas dari kepemimpinan seorang kyai, yaitu selaku pengasuh pondok pesantren sekaligus pendiri sekolah SMK AlImam kalisat jember, sehingga kepemimpinan kyai sangatlah penting dalam tiap hal, seperti pengembilan keputusan atau yang berkaitan dalam pengembangan sekolah dan hal-hal lainnya termasuk yang bersangkutan dengan kemajuaan SMK Al-Imam itu sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan Situasional kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam Kalisat Jember. 2) Bagaimana kepemimpinan Demokratis kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam Kalisat Jember. 3) Bagaimana kepemimpinan Partisipatif kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam Kalisat Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan kepemimpinan Situasional kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam Kalisat Jember. 2) Untuk mendiskripsikan kepemimpinan Demokratis kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam Kalisat Jember. 3) Untuk mendiskripsikan kepemimpinan Partisipatif kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam Kalisat Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan Situasional kiai dalam pengembangan sekolah di smk al-imam kebijakan penuh yang diambil dalam setiap rapat ada pada kiai, peserta rapat tidak mempunyai keleluasaan untuk memilih dan memutuskan dari hasil rapat yang sudah di adakan sekalipun itu kepala sekolah. Seperti, penetapan SK guru, kelulusan siswa dll. 2) kepemimpinan demokratis kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam masih demokratis didalamnya, karena kyai selalu mengadakan rapat/musyawarah disekolah dan melibatkan guru-guru dalam pengambilan keputusannya untuk di jalankan di sekolah SMK Al-Imam. Seperti, penentuan kepala sekolah dan waka-waka, pengaturan larangan-larangan untuk guru dan siswa dll. 3) kepemimpinan partisipatif kiai dalam pengembangan sekolah di SMK AL-Imam juga partisipatif, karena sebagai kiai yang memegang kepemimpinan penuh terhadap sekolah, seorang kiai juga masih membutuhkan orang lain untuk melaksanakan semua kegiatan sekolah yaitu seperti, Rapat dinas propensi, sosialisasi dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item