Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018.

Baroroh, Nida Hanim (2018) Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nida Hanim Baroroh_084 143 012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru. Perilaku Kepemimpinan kepala madrasah merupakan tingkah laku pemimpin pada saat mereka berupaya mempengaruhi para anggota kelompok, baik secara perorangan maupun kolektif pada suatu organisasi atau lembaga untuk mencapai tujuan. Dimana seorang kepala madrasah adalah faktor utama dalam menentukan kemajuan madrasah dan pengembangan kualitas warga madrasah didalamnya. Perilaku kepemimpinan kepala madrasah ini harus mampu mengayomi, mendukung kinerja guru dan semua kegiatan dalam pelaksanaan pendidikan. Disini kepala madrasah sering ikut berpartisipasi dalam semua kegiatan dan membuat guru lebih semangat juga disiplin dalam hal tugas di madrasah. Kepala madrasah juga membuat guru dapat mempertahankan kinerjanya dalam program baru yang diberikan kepala madrasah agar madrasah mempunyai grid yang lebih tinggi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perilaku konsiderasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018?. 2) Bagaimana perilaku struktur inisiasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perilaku konsiderasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018. 2) Mendeskripsikan perilaku struktur inisiasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada perilaku konsiderasi, hal ini terlihat bahwa perilaku kepala madrasah ada tiga perilaku yang tampak yaitu pertama; perilaku bersahabat pada aspek penggerak guru, kedua; perilaku peduli pada aspek rasa nyaman dan saling percaya, ketiga; perilaku pemberian dukungan dan pengakuan pada aspek peningkatan kinerja dalam berjuang untuk madrasah tanpa pamrih. 2) Perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada perilaku struktur inisiasi, hal ini terlihat bahwa perilaku kepala madrasah ada tiga perilaku yang tampak yaitu pertama; perilaku mengutamakan program atau produk pada aspek meningkatkan grid madrasah agar lebih berkualitas, kedua; perilaku kedisiplinan pada aspek peningkatan kualitas guru dan madrasah, ketiga; perilaku pengawasan pada aspek kesiapan guru dalam mengajar dan profesional dalam tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18576

Actions (login required)

View Item View Item