Pengaruh Total Aset dan Jaringan Kantor Terhadap Tingkat Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Pada PT Bank Syariah Mandiri (Periode: Desember 2016 – Juni 2019)

Janah, Nofi Noer (2019) Pengaruh Total Aset dan Jaringan Kantor Terhadap Tingkat Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Pada PT Bank Syariah Mandiri (Periode: Desember 2016 – Juni 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nofi Noer Janah_E20151097.pdf

Download (167MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Bank syariah sendiri memiliki bentuk-bentuk dana pihak ketiga yang dikumpulkan dari masyarakat antara lain: pertama dalam bentuk titipan (wadiah). Dana titipan (wadiah) yaitu simpanan yang telah dijamin oleh bank keamanannya serta pengembaliannya akan tetapi tidak mendapatkan keuntungan atau imbalan dari dana yang dititipkan tersebut. Dana titipan ini biasanya berupa tabungan atau giro yang bisa ditarik sewaktu-waktu. Kedua partisipasi modal berbagi hasil dan berbagi resiko untuk investasi umum, di sini bank memberikan keuntungan kepada para pemilik modal secara proporsional dengan portofolio yang didanai dengan modal tersebut. Ketiga investasi khusus, di sini resiko atas investasi tersebut sepenuhnya diambil oleh investor atau pemilik dana, karena bank hanya bertindak sebagai manajer investasi guna memperoleh fee sehingga bank tidak ikut andil dalam berinvestasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah total aset berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga (studi PT Bank syariah Mandiri periode desember 2016 – juni 2019)?, 2) Apakah jaringan kantor berpengaruh signifikan terhadap tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga (studi PT Bank Syariah Mandiri periode desember 2016 - juni 2019)?, 3) Apakah total aset, dan jaringan kantor secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga (studi PT Bank Syariah Mandiri Periode desember 2016 – juni 2019)? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh total aset terhadap tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga PT Bank Syariah Mandiri, 2) Untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh jaringan kantor terhadap tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga PT Bank Syariah Mandiri, 3) Untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh total aset, dan jumlah kantor, secara simultan terhadap tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga PT Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Bank Syariah Mandiri. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 31 sampel. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi liniear berganda. Dalam analisis regresi linear, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefisien Determinasi (R2 ), Uji t, dan Uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel total aset berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga, dan variabel jaringan kantor tidak berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga. Dan ketika diuji secara simultan variabel total aset dan jaringan kantor ini berpengaruh signifikan terhadap dana pihak ketiga. Kata Kunci:Aset, Jaringan Kantor dan Dana Pihak Ketiga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18578

Actions (login required)

View Item View Item