Akibat Hukum Kehamilan Di Luar Nikah Di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun 2018 Dalam Perspektif Hukum Islam.

Kuswandari, Retno Dwi (2018) Akibat Hukum Kehamilan Di Luar Nikah Di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun 2018 Dalam Perspektif Hukum Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Retno Dwi Kuswandari_083141021.pdf

Download (10MB)

Abstract

Melihat keadaan pada era globalisasi saat ini banyak remaja yang melakukan kebebasan seks (free seks) tanpa mengenal malu dan mengenal batas norma agama, sehingga tak heran lagi jika sekarang ini kebanyakan remaja yang melakukan pernikahan akibat hamil di luar nikah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa faktor penyebab kehamilan di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi ?. 2) Bagaimana akibat hukum pernikahan hamil di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi ?. 3) Bagaimana pandangan hukum Islam tentang pernikahan akibat hamil di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi ? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: untuk mengetahu factor penyebab, akibat hukum, dan pandangan hukum Islam tentang kehamilan di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data : Observasi, Interview, Dokumentasi, Teknik analisis Reduksi data, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini adalah : 1) Faktor penyebab kehamilan di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi adalah faktor pergaulan bebas, kurangnya pengawasan dari orang tua, kemajuan zaman, kurangnya basic agama dan faktor kriminal. 2) Akibat hukum pernikahan hamil di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi adalah tidak ada sanksi tegas yang menimbulkan efek jera kepada si pelaku hamil di luar nikah, hukuman atau sanksi yang mereka terima hanya mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut. Akan tetapi jika dilihat dari kacamata hukum Islam akibat hukumnya yaitu anak yang lahir akibat hamil di luar nikah tidak ada hubungan nasab kepada ayah biologisnya, putusnya hubungan waris dengan ayah biologisnya, dan jika si anak lahir perempuan maka anak ayah biologisnya tersebut tidak berhak menjadi wali dalam pernikahannya. 3) Pandangan hukum Islam tentang pernikahan akibat hamil di luar nikah di Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi adalah hukum perkawinannya sah dan tidak perlu mengulang kembali pernikahannya setelah anak yang di kandungnya telah lahir dan perkawinannya sah menurut Negara akan tetapi jika bayi yang di kandungnya lahir maka wajib mengulang pernikahannya kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item