Persepsi dan Minat Mahasiswa IAIN Jember terhadap BMT IAIN Jember.

Syaifuddin, Roni (2016) Persepsi dan Minat Mahasiswa IAIN Jember terhadap BMT IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Roni Syaifuddin_083 112 034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persepsi adalah proses aktif menyeleksi, mengatur, dan menafsirkan orang, objek, peristiwa, situasi dan aktivitas. hal pertama yang perlu diperhatikan dari definisi ini adalah proses aktif. Minat adalah suatu perasaan suka atau tertarik pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh, minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut semakin minat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana persepsi mahasiswa IAIN Jember terhadap BMT IAIN Jember ? 2)bagaimana minat mahasiswa IAIN Jember terhadap BMT IAIN Jember?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi dan minat mahasiswa IAIN Jember terhadap BMT IAIN Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa IAIN Jember adalah bahwa BMT IAIN Jember menggunakan prinsip bagi hasil dalam operasionalnya, mudah untuk melakukan transaksi karena lokasinya mudah diakses dan dapat menyimpan uang meski dengan nominal kecil. Namun BMT IAIN Jember juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya modal yang dimilikinya sedikit dan belum begitu dikenal oleh warga kampus IAIN Jember sehingga nasabah atau anggota BMT tidak begitu besar. Minat mahasiswa IAIN Jember terhadap BMT. dikarnakan ada faktor yaitu: Faktor Internal: kemauan dan kebutuhan untuk melakukan transaksi yang berdasarkan prinsip syariah, dan Faktor eksternal: lokasi BMT yang mudah diakses dan ajakan teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18585

Actions (login required)

View Item View Item