Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mardiyah, Salimatul (2018) Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Salimatul Mardiyah_084 144 013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Pendidikan karakter disekolah merupakan salah satu program yang dirancang pemerintah Indonesia, yang bertujuan untuk menanamkan kembali nilai karakter bangsa. Secara umum pendidikan karakter berfungsi untuk menciptakan dan membentuk karakter yang baik dalam diri peserta didik. Pendidikan karakter dalam pendidikan sekolah dapat dibentuk melalui kegiatan Ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan Ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa adalah Pramuka. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana upaya pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) bagaimana upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) bagaimana upaya pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan upaya pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) mendeskripsikan upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) mendeskripsikan upaya pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember tahun pelajaran 2017/2018 yaitu: 1) upaya pembentukan karakter religius melalui pembiasaan sholat berjamaah, pembiasaan berdoa dan pembiasaan menghafal surat-surat pendek. 2) upaya pembentukan karakter disiplin melalui hadir tepat waktu dan mematuhi peraturan yang ada. 3) upaya pembentukan karakter tanggung jawab melalui mengerjakan tugas secara sungguh-sungguh dan berani menerima konsekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:53
Last Modified: 09 Feb 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item