Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Kamaliya, Sitti (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sitti Kamaliya_084 134 077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan kedua setelah keluarga, untuk itu diharapkan pendidik dapat menciptakan pembelajaran yang menggairahkan, dan menyenangkan agar siswa merasa senang dan termotivasi dalam belajar. Akan tetapi sering kita temui masih banyak siswa yang tidur-tiduran di dalam kelas. Padahal tujuan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist ini bukan hanya sekedar menghafal saja. Tetapi juga mengetahui dan memahami materi, sehingga siswa dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Untuk itu guru harus memilih metode yang tepat agar siswa termotivasi dalam belajar. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana evaluasi metode pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB, 3) Mendeskripsikan evaluasi metode pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tenik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan metode pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB yaitu guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang beracuan pada silabus, membuat instrumen penilaian dan untuk medianya guru Al-Qur’an Hadist menyiapkan kartu indeks yang nanti pada saat pelaksanaan pembelajaran akan di bagikan kepada peserta didik, sehingga peserta didik akan semangat dalam belajar. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB dilakukan dengan cara: a) Pembagian kartu indeks kepada siswa, b) Mengumumkan kategori yang harus ditemukan, c) Siswa yang memiliki kartu tersebut menunjukkan kepada teman-temannya, d) Siswa tersebut mempresentasikan tentang kartu yang dimilikinya dan siswa yang lain menanggapi, e) Guru menyampaikan poin-poin pelajaran yang menurutnya penting. Dengan diterapkannya metode pembelajaran card sort yang di dukung dengan metode bervariasi seperti ceramah, tanya jawab dan diskusi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist ini siswa lebih semangat dalam belajar dan mudah memahami materi yang telah diberikan. 3) Evaluasi metode pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VB yang digunakan ada dua jenis evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yaitu penilaian di saat proses pembelajaran berlangsung yang dilihat dari sikap siswa saat menjawab pertanyaan dan saat presentasi. Sedangkan untuk evaluasi hasilnya yaitu dari siswa menjawab soal yang telah diberikan atau dari ulangan harian, tugas, dan lain-lain. Dengan digunakannya metode pembelajaran card sort nilai siswa kelas VB MIMA Condro Kaliwates Jember diatas nilai KKM dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:53
Last Modified: 09 Feb 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18589

Actions (login required)

View Item View Item