Gaya Hidup Buruh Wanita Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga di UD Gudang Tembakau Kemuningari Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Anas, Syarifudin (2019) Gaya Hidup Buruh Wanita Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga di UD Gudang Tembakau Kemuningari Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syarifudin Anas_E20152107.pdf

Download (5MB)

Abstract

Gaya Hidup merupakan fenomena yang cukup populer di masa zaman moderen saat ini, dan merupakan suatu hal yang tidak asing lagi di setiap kalangan masyarakat, khususnya para kalangan anak muda yang banyak menampilkan gaya-gaya hidup yang mengikuti tren yang beredar. Tanpa adanya pengaturan pengeluaran untuk memenuhi gaya hidupnya maka akan menjadikan kebutuhan primer yang harus di utamakan akan menjadi kekurangan. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana kebutuhan keluarga buruh wanita dalam memenuhi kebutuhan keluarga di UD Gudang Tembakau Kemuningsari 2) Bagaimana gaya hidup buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari 3) Bagaimana dampak Gaya hidup buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kebutuhan Keluarga buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari. 2) Untuk mengetahui gaya hidup Buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari. 3) Untuk mengetahui dampak gaya hidup buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan snowball serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah; 1) Kebutuhan keluarga (kebutuhan primer) buruh wanita kekurangan karena kurangnya pendapatan seorang suami yang di dapatkan, maka seorang istri memilih membantu untuk mencari kurangnya kebutuhan sebagai buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari yang harus di penuhi; 2) Gaya hidup buruh wanita di UD Gudang Tembakau Kemuningsari biasa-biasa saja hanya ketentuan dari UD Gudang tembakau Kemuningsari bahwa seorang buruh wanita yang bekerja sebagai laden di bagian gudang pertama harus berdandan baik di karenakan di gudang pertama adalah tempat dimana pembeli tembakau dari luar negri datang untuk melihat-lihat tembakau yang sudah siap di jual dan di beli; 3) Ada dua dampak gaya hidup buruh wanita yakni positif dan negatif, dampak positifnya yakni baik bagi keluarga, suaminya juga baik bagi anak-anaknya karena buruh wanita ini tidak berlebih lebihan dalam berdandan dan bisa menyisihkan uang guna untuk simpanan jika suatu saat ada kepentingan yang tidak terduga, dan dampak negatifnya khususnya buruh wanita yang posisi kerjanya dibagian laden mereka akan mengeluarkan tambahnya kebutuhan yang harus dicukupi seperti membeli kosmetik-kosmetik dan juga pembelajaran yang tidak sengaja di lakukan oleh buruh wanita yang setiap harinya akan di lihat oleh adik-adiknya yang berada di lingkungan keluarganya khususnya adik perempuan keluarga buruh wanita. yang sedikit banyak akan juga meniru gaya hidup buruh wanita tersebut. Kata Kunci: Gaya Hidup,Buruh Wanita,Kebutuhan Keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:53
Last Modified: 09 Feb 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item View Item