Implementasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Yuliandar, Wahyuni Eka (2017) Implementasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyuni Eka Yuliandar_084 134 083.pdf

Download (17MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI untuk melaksanakn Kurikulum 2013 dengan menerapkan pembelajaran tematik. Pada tahun pelajaran 2016/2017 MIN Beji sudah menerapkan pembelajaran tematik dari kelas I-VI. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017?. 3) Bagaimana penilaian pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017?. 3) untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beji Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Beji Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan guru belum membuat pemetaan kompetensi dasar dan penetapan jaringan tema, tetapi guru hanya membuat silabus dan RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah melaksanakan tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup serta menggunakan pendekatan saintifik. Dan pada penilian pembelajaran tematik sebagian besar guru sudah menggunakan penilian otentik yang meliputi penilian kinerja, proyek, portofolio. Jurnal dan tes tertulis. Kata kunci: Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:53
Last Modified: 09 Feb 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item View Item