Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membangun Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Maarif 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Allailiyah, Zulfa (2017) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membangun Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Maarif 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfa Allailiyah_084 134 030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Beberapa kasus yang sedang melanda Bangsa Indonesia merupakan dampak dari kemerosotan moral Bangsa yang terjadi saat ini. Akan tetapi melihat realitas saat ini pendidikan hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan peserta didik. Adapun aspek moral dan etis sebagai basis pembentukan dan pembangunan karakter semakin terpinggirkan. Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan yang bersifat non formal berusaha membantu pemerintah dan masyarakat dalam membangun karakter anak Bangsa selaku penerus generasi muda Indonesia. Seperti halnya ekstrakurikuler pramuka yang ada di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program kegiatan peserta didik pramuka Siaga dalam membangun karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember? 2) Bagaimana implementasi program kegiatan peserta didik pramuka Penggalang dalam membangun karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi program kegiatan peserta didik pramuka Siaga dalam membangun karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi program kegiatan peserta didik pramuka Penggalang dalam membangun karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Program kegiatan peserta didik Pramuka Siaga dalam membangun karakter siswa diantaranya melalui, sholat berjamaah bersama saat Persari, berdoa bersama sebelum dan sesudah kegiatan pramuka, dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam, melaksanakan setiap peraturan yang ada di sekolah, tepat waktu dalam mengikuti kegiatan Pramuka. 2) Program kegiatan peserta didik Pramuka Penggalang dalam membangun karakter siswa diantaranya melalui, sholat berjamaah bersama saat Persami, berdoa bersama sebelum dan sesudah kegiatan pramuka, dapat menghafal lima macam doa harian dan lima macam surat-surat pendek, mengenal hadas besar dan kecil, mengetahui tata cara wudlu dan tayamum dengan benar, disiplin dalam berpakaian dan kesopanan tingkah laku, dapat membuat hastakarya. Hal tersebut dimaksudkan untuk membangun karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1202 Building > 120299 Building not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:54
Last Modified: 09 Feb 2023 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item