Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Administrasi Kesiswaan di Madrasah Aliyah As-Shofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017

Ridha, Fadhilatur (2018) Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Administrasi Kesiswaan di Madrasah Aliyah As-Shofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fadilatur Ridha_084 123 023.pdf

Download (6MB)

Abstract

Semakin rendah kualitas ketatusahaan sebuah lembaga pendidikan akan semakin rendah pula kualitas pendidikan. Semakin rendah kualitas pendidikan sebuah lembaga, akan semakin ditinggal oleh peminatnya. Skripsi ini dilatarbelakangi dari hal-hal di atas. Skripsi ini bertujuan menjawab, 1) Bagaimana perencanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah As-Shofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017? 2) Bagaimana pengorganisasian tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah As-Shofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017?,3) Bagaimana pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi kesiswaandi Madrasah Aliyah AsShofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017? Dan 4) Bagaimana evaluasi tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi kesiswaandi Madrasah Aliyah As-Shofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017?. Tujuan diadakam penelitian ini adalah untuk menggambarkan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Administrasi Kesiswaan di Madrasah Aliyah As-Shofa Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrosah Aliyah as-Shofa. Tempat dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan deskripsi mengenai tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian, yaitu pada tahap perencanaan tata usaha di Madrasah Aliyah As-Shofa dilakukan melalui analisis pekerjaan yang berhubungan dengan adiministrasi kesiswaan dengan melibatkan komite sekolah dan guru-guru kelas. Pada tahap pengorganisasiannya dilakukan dengan menyusun struktur kepengurusan berdasarkan skill dan loyalitas. Struktur disusun dengan ketentuan kepala sekolah sebagai penanggung jawab dan yang memiliki wewenang tertinggi, kepala TU sebagai kepala pelaksana pelayananan ketatausahaan, dan beberapa guru kelas yang menjadi pendukung terlaksananya pelayanan. Pada pelaksanaannya dilakukan melalui dua jenis tahap pelaksanaan yakni pengembangan dan pemeliharaan. Tahapan pemeliharaan menyangkut kegiatan perawatan data sedangkan pengembangan berkaitan dengan sinirgitas pelayanan. Pada evaluasinya adalah dilakukan dengan agenda monitoring minimal satu kali tiap bulandan rapat evaluasi minimal dua kali setiap semester. Metodenya adalah memakai metode single program before-after dan problem solving method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:54
Last Modified: 09 Feb 2023 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item View Item