Penerapan Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso

Laila, Nur Alfi (2018) Penerapan Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR ALFI LAILA_084141254.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan. Di Madrasah Diniyah Nurul Fata Bondowoso terdapat pelajaran kitab safinatus sholat, yang mana di madrasah diniyah yang lain tidak ada pelajaran tentang kitab tersebut. Hal ini di terapkan di madrasah tersebut agar pembelajarannya fokus pada materi sholat itu sendiri sehingga tidak bercampur aduk dengan pelajaran yang lain, karena pendidikan shalat itu sangat penting untuk dipelajari dan dipraktikkan oleh siswisiswi nurul fata dalam kehidupan sehari-hari dan yang terjadi di lingkungan sekitar adalah banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui tentang shalat, baik itu hal-hal yang membatalkan shalat maupun fardhu shalat, dan lain sebagainya. Memang semua sekolah pasti mempelajari shalat tapi pedoman yang digunakan berbeda. Di Nurul Fata menggunakan pedoman kitab safinatus sholat tapi di madrasah-madrasah yang lain menggunakan pedoman kitab fathul qorib. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso. 3) Mendeskripsikan evaluasi Pembelajaran Kitab Safinatus Sholat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Nurul Fata Bondowoso. Untuk menganalisis dan mendeskripsikan permasalahan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang mana peneliti membahas secara gamblang permasalahan yang terjadi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan fokus penelitian dan metode yang digunakan, peneliti memperoleh kesimpulan 1) guru dalam mengajar menggunakan metode dan media dalam pembelajaran walaupun pengetahuan yang dimiliki oleh guru tentang metode dan media masih sangat terbatas, dan media yang ada di nurul fata juga sangat terbatas, serta pembelajaran berpacu pada jadwal dan hudud, namun sebelum itu semua para dewan guru biasa mengadakan diskusi. 2) Guru dalam mengajar sudah menerapkan kegiatan membuka, meyampaikan, dan menutup materi. 3) dalam evaluasi pembelajaran guru menggunakan evaluasi/tes formatif, dan tes sumatif. Dari ketiga poin di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kitab safinatus sholat yaitu seorang guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan cukup maksimal, dan para siswi sudah melaksanakan apa yang diperintahkan oleh guru, walaupun dengan media dan metode yang terbatas. Dan Alhamdulillah pada saat materi diselingi dengan praktik siswi-siswi sudah bisa memahami materi yang ada pada kitab safnatus sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:55
Last Modified: 09 Feb 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18607

Actions (login required)

View Item View Item