Penerapan Metode Tamyiz Dalam Meningkatkan Keterampilan Menterjemah Al-Qur’an Siswa SD Plus Al-Ishlah Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017.

Fauziah, Rizky Anggi (2017) Penerapan Metode Tamyiz Dalam Meningkatkan Keterampilan Menterjemah Al-Qur’an Siswa SD Plus Al-Ishlah Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizky Anggi Fauziah_084134055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tamyiz adalah pembelajaran quantum nahwu sharaf dengan tujuan anak kecil usia SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah) dapat mengembangkan potensi dirinya untuk menerjemahkan, menuliskan (imla’) serta mengajarkan Al-Qur’an dan kitab kuning dan Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah adalah salah satu sekolah yang menerapkan metode tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode Tamyiz Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah?, 2) Bagaimana proses pembelajaran metode Tamyiz Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah?, 3) Bagaimana evaluasi metode Tamyiz Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan , proses pembelajaran , dan evaluasi metode Tamyiz Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling area. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitiannya adalah: 1) Penerapan metode Tamyiz Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah menerapkan cara belajar Tamyiz Inside yaitu menyisipkan Tamyiz pada kurikulum dan menjadi program unggulan di Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah. Perangkat pembelajaran Tamyiz berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus (Standart Pengajaran Tamyiz), Batasan Materi Tamyiz, dan Buku pegangan Guru. 2) Di kelas IV Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah diketahui bahwasanya dalam proses pembelajaran Tamyiz diterapkan secara berkelompok yaitu kelompok putra dan kelompok putri dan guru Tamyiz berperan penting dalam memberikan suasana belajar yang menyenangkan kepada siswa agar siswa dapat menyerap materi dengan baik sehingga keterampilannya dalam menterjemah Al-Qur’an meningkat. 3) Evaluasi metode Tamyiz di Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah kelas IV dilakukan secara kontinyu dan terstruktur sesuai dengan tujuan pembelajaran yang meliputi evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir semester yang berupa tes tulis dan tes lisan. Guru Tamyiz selalu melakukan perbaikan-perbaikan strategi, metode, dan media pembelajaran dalam mengajar sehingga Tamyiz dapat dirasa mudah dalam mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:55
Last Modified: 09 Feb 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18608

Actions (login required)

View Item View Item