Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Oleh Pemilik Perahu Di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Hamidah, Siti Nur (2016) Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Oleh Pemilik Perahu Di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Hamidah_083122105.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam masyarakat Praktik Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Oleh Pemilik Perahu sudah menjadi kebiasaan. Dalam praktik jual beli tidak adanya kebebasan nelayan untuk menjual ikan hasil tangkapannya kepada orang lain dan hasil tangkapannya hanya dikuasai oleh pemilik perahu saja karena pemilik perahu dan nelayan sudah ada kesepakatan dalam sewa-menyewa perahu dan hasil tangkapan tersebut harus dijual kepada pemilik perahu sedangkan harga jual beli juga ditentukan oleh pemilik perahu. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah yang melatar belakangi praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu? 2) Bagaimana sistem penentuan harga dalam praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu? 3) Apakah akad yang digunakan dalam praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu? 4) Bagaimanakah analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui latar belakang praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu 2) Untuk mengetahui sistem penentuan harga dalam praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu 3) Untuk mengetahui akad yang di tentukan dalam praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu 4) Untuk menganlisis Hukum Islam terhadap praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu. Dalam mengindetifikasikan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Tembokrejo kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber Adapun hasil penelitian ini yaitu:1) Praktik Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Oleh Pemilik Perahu Di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi dilatarbelakangi oleh kurangnya modal atau dana dari nelayan yang miskin untuk mencari ikan. 2) Harga hasil ikan tangkapan dalam praktik jual beli ini sepenuhnya ditentukan oleh pemilik perahu 3) dalam praktik jual beli ini menggunakan akad ijarah (sewamenyewa) 4) praktik jual beli ikan hasil tangkapan ini sesuai dengan hukum islam, karena tidak adanya dalil atau syara’ yang mengharamkannya. Dan jika dianalisis dengan teori urf, maka ini termasuk urf yang fasid yakni yang rusak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:55
Last Modified: 09 Feb 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18611

Actions (login required)

View Item View Item