Implementasi Fiqh Penyembelihan Binatang Ternak pada Pedagang Ayam di Pasar Gladak Merah Menampu Gumukmas Jember Tahun 2016.

Damayanti, Alfina (2016) Implementasi Fiqh Penyembelihan Binatang Ternak pada Pedagang Ayam di Pasar Gladak Merah Menampu Gumukmas Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfina Damayanti_084121127.pdf

Download (7MB)

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, dalam hal memilih makanan kita harus cerdas dan hati-hati agar dapat hidup sehat dan terhindar dari laknat Allah SWT. Untuk memenuhi kondisi tersebut makanan yang dikonsumsi haruslah memenuhi unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu bahan makanan yang sehat dan bergizi tinggi adalah daging ayam. Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang harganya relatif murah dan terjangkau oleh masyarakat lapisan menengah ke bawah serta mudah diperoleh. Memilih sumber makanan yang bergizi tinggi seperti daging ayam saja tidak cukup, kita juga harus memperhatikan dan mengetahui bagaimana ayam tersebut disembelih, diolah hingga dimasak. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan fiqh penyembelihan binatang ternak pada pedagang ayam di Pasar Gladak Merah Menampu Gumukmas Jember Tahun 2016? 2) Bagaimana ketetapan hukum penyembelihan binatang ternak pada pedagang ayam di Pasar Gladak Merah Menampu Gumukmas Jember Tahun 2016?; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Penerapan Fiqh Penyembelihan Binatang Ternak Pada Pedagang Ayam di Pasar Gladak Merah Menampu Gumukmas Jember Tahun 2016 dan 2) Untuk mengetahui ketetapan hukum penyembelihan binatang ternak pada pedagang ayam di Pasar Gladak Merah Menampu Gumukmas Jember Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian field researd (penelitian lapangan), sedangkan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang meliputi Kepala dinas pasar Gladak Merah, pedagang daging ayam, dan pembeli daging ayam. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penerapan penyembelihan binatang ternak pada pedagang ayam adalah, para pedagang ayam menyembelih ayam sendiri atau dilakukan oleh keluarganya, proses penyembelihan ayam yang dilakukan oleh salah satu penyembelih ayam sudah memenuhi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syari’at agama Islam. Namun peneliti juga menemukan bahwasannya dari beberapa penyembelih ayam kurang memenuhi ajaran syari’at agama, seperti tidak membaca basmalah, daging ayam yang disembelih juga terlihat kurang segar, tempat berdagang ayam juga terlihat kotor, ditemukan juga pada salah satu pedagang daging ayam terdapat ayam yang mati namun lehernya tidak putus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:12
Last Modified: 10 Feb 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item View Item