MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI SMP AS-SYAFI’I NOGOSARI RAMBI PUJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jannah, Faiqotul (2018) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI SMP AS-SYAFI’I NOGOSARI RAMBI PUJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqotul Jannah_084 113 085.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sekolah harus menjadi tempat belajar bagi anak, bukan hanya tentang ilmu pengetahuan, tapi juga tentang pengalaman. Dewasa ini, menurut Syeh Muhammad Naquib al-Attas, krisis yang dihadapi dunia pendidikan pada umumnya adalah krisis “adab”, bukan krisis tarbiyah atau ta’lim. Sebab kenyataannya pendidikan dan pengajaran telah berlangsung dimana-mana. Krisis di pendidikan juga bukan krisis buta huruf, sebab saat ini orang yang bisa membaca lebih banyak dari yang tidak bisa membaca. Jadi masalah yang terjadi dalam pendidikan adalah krisis adab, makanya diperlukan ta’dib. Keberadaan bimbingan dan konseling di sekolah akan sangat membantu untuk mengatasi berbagai problematika yang terjadi pada peserta didik. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Perencanaan bimbingan dan konseling dalam pengembangan diri di SMP As-Syafi’i Nogosari Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam pengembangan diri di SMP As-Syafi’I Nogosari Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. 3. Bagaimana evaluasi bimbingan dan konseling dalam pengembangan diri di SMP As-Syafi’I Nogosari Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan bimbingan dan konseling dalam pengembangan diri di SMP As-Syafi’i Nogosari Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Untuk mendeskripsikan pelaksaanan bimbingan dan konseling dalam pengembangan diri di SMP As-Syafi’I Nogosari Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi lbimbingan dan konseling dalam pengembangan diri di SMP As-Syafi’i Nogosari Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Dalam perencanaan seluruh siswa baru didata melalui angket maupun formulir bakat dan minat. Hal ini dirasa penting karena bakat dan minat siswa kurang lebih terpengaruh dari lingkungan perencanaan ini sangatlah penting agar para siswa tidak salah dalam memilih program pengembangan diri yang sesuai dengan bakat minatnya. 2. Dalam pelaksanaan BK di SMP As-Syafi’i, sebelumnya diklasifikasikan terlebih dahulu sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pelaksanaan pengembangan diri mengeksplor bakat dan minat siswa dan bekerja sama dengan pihak terkait dalam rangka mendayagunakan dan mengembangkan potensi para siswa secara optimal. 3. Evaluasi sangat penting sehingga tanpa adanya evaluasi maka tidak akan diketahui kekurangan atau kesalahan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan yang telah dilaksnakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:12
Last Modified: 10 Feb 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item View Item