Zahro, Fatimatus (2016) Konsep Diri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fatimatus Zahro_084 111 073.pdf Download (22MB) |
Abstract
Pendidikan adalah proses pemanuasiaan manusia dan merupakan hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas warga negara Indonesia. Prestasi belajar siswa di sekolah menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran di kelas baik dari guru atau siswa itu sendiri. Konsep diri merupakan aspek perkembangan psikologi peserta didik yang penting. Karena konsep diri merupakan salah satu variabel yang menentukan dalam proses pendidikan dan prestasi siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana dimensi pengetahuan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso? (2) Bagaimana dimensi harapan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso? (3) Bagaimana dimensi penilaian dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dimensi pengetahuan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso. (2) Untuk mendeskripsikan dimensi harapan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso. (3) Untuk mendeskripsikan dimensi penilaian dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SDN Jampit 2 Sempol Bondowoso Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan dalam penelitian ini menggunakan sampel dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumenter. Analisis menggunakan tehnik kualitatif deskriptif. Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang pandai dan memahami tugas serta perannya sebagai pelajar di sekolah akan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Sebaliknya siswa yang merasa dirinya tidak pandai merasa bahwa dirinya tidak akan mampu melaksanakan tugas dan perannya di sekolah dengan baik.(2) Siswa yang mempunyai standar diri yang ideal, realistis serta sesuai dengan potensi yang dimilki, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah akan mampu meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah, karena cita-cita tersebut akan menjadi motivasi untuk terus belajar dan berprestasi. (3) Siswa yang dapat menerima keadaan dan menghargai diri sendiri, menilai dirinya mampu berprestasi dengan baik di sekolah. Ketika nilai ujian yang didapat baik mereka akan mempertahankannya, jika nilai yang didapat jelek mereka akan menerimanya dan berusaha belajar lebih giat lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 01:13 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 01:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18626 |
Actions (login required)
View Item |