Implementasi Kurikulum Terpadu di Madrasah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Kulliyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat AlIslamiyah (KMI) Putri Tempurejo)

Abror, Huseinatul (2016) Implementasi Kurikulum Terpadu di Madrasah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Kulliyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat AlIslamiyah (KMI) Putri Tempurejo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Huseinatul Abror_084121027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Kurikulum Terpadu Kurikulum merupakan salah satu komponen utama dalam pendidikan. Karena kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu. Anatar kurikulum dalam lembaga formal dengan lembaga non formal memiliki perbedaan baik dari muatan isi ataupun evaluasi. Namun di Kulliyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al-Islamiyah (KMI) Putri ini merupakan suatu lembaga yang didalamnya terdapat pendidikan pesantren dan pendidikan formal, begitu juga kurikulumnya yang merupakan kurikulum terpadu antara kurikulum KMI dengan kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana implementasi kurikulum terpadu, muatan isi serta evaluasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum terpadu, muatan isi serta evaluasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena merupakan penelitian yang bermaksud menggambarkan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, sedangkan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) implementasi kurikulum terpadu dimadrasah berbasis pesantren yaitu diimplementasikan dalam pembelajaran yang dipadukan, namun hanya untuk mata pelajaran agama, jadi mata pelajaran agama dapat dipadukan dengan mata pelajaran agama yang lain, sedangkan untuk mata pelajaran umum tidak dipadukan dengan mata pelajaran agama dan juga dalam kegiatan religi. 2)muatan isi dari kurikulum terpadu yaitu terdiri dari mata pelajaran agama dan mata pelajaran umum yang mana jumlah mata pelajaran agama lebih banyak dari mata pelajaran umum. 3) Evaluasi model pembelajaran dalam kurikulum terpadu dimadrasah berbasis pesantren, yaitu proses evaluasinya terdiri dari dua tahap yaitu ujian lisan dan ujian tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:13
Last Modified: 10 Feb 2023 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18627

Actions (login required)

View Item View Item