Representasi Kepemimpinan Politik (Studi Pesan Pendukung Capres Melalui Twitter Selama Kampanye Terbuka Pilpres 2019).

Hanip, Jazilatul (2020) Representasi Kepemimpinan Politik (Studi Pesan Pendukung Capres Melalui Twitter Selama Kampanye Terbuka Pilpres 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JAZILATUL HANIP_D20151046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2019, para pendukung semakin masif membangun citra kepemimpinan politik sosok yang menjadi dukungan mereka. Tujuannya tentu untuk mempengaruhi opini publik dalam memilih pemimpin Indonesia lima tahun ke depan. Salah satu media yang digunakan secara masif oleh pendukung adalah media sosial, terutama Twitter. Pasalnya, media ini dinilai lebih efektif, jangkauannya relatif lebih luas, serta mampu memobilisir para pemilih dalam menentukan pilihannya. Hanya saja, dalam proses membangun citra kepemimpinan politik pasangan calon presiden yang didukung, acapkali bertolak belakang dengan tujuan membangun citra politik itu sendiri. Tidak sedikit pesan justru melahirkan antipati para calon pemilih yang seyogyanya menjadi simpatik untuk mementukan pilihan pasangan calon presiden mereka. Bahkan terjadi bentrok fisik hingga merenggut nyawa, karena adu argumen di media sosial. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; 1) Bagaimana kepemimpinan politik kedua capres direpresentasikan oleh pendukungnya melalui Twitter, 2) Apa praktik kekuasaan yang berada dibalik pesan-pesan pendukung terkait kepemimpinan politik capres. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui citra kepemimpinan politik calon presiden direpresentasikan oleh pendukungnya melalui twitter, kemudian membongkar praktik kekuasaan dalam pesan-pesan yang direpresentasikan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian content analysis, yakni mengkaji teks secara kritis berupa twit para pendukung calon presiden 2019 terkait upaya membangun citra kepemimpinan politik secara mendalam selama masa kampanye terbuka, baik mengenai isi dan makna maupun struktur dan wacananya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Selanjutnya keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan depenbilitas yang dianalisis dengan interactive model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah; 1) kepemimpinan politik capres direpresentasikan melalui konstruksi identitas etnis, agama, dan budaya; saling menegasikan citra yang dibangun; serta klaim atas kompetensi, 2) praktik kekuasaan berjalan melalui mekanisme oposisi biner terjadi pada ruang etnis dan agama. Akibatnya, kemenangan diskusi politik di Twitter tentang kepemimpinan politik capres tidak ditentukan oleh diskusi rasional (egaliter, konsensus, komunikasi tanpa dominasi) namun sekedar ditentukan oleh kelihaian aktor demokrasi (terutama tim sukses) dalam membangun citra (image) kepemimpinan politik capres.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:13
Last Modified: 10 Feb 2023 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item