Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Anggraini, Novita (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novita Anggraini_084111323.pdf

Download (784kB)

Abstract

Pendidikan adalah proses pemanusiaan manusia dan merupakan hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas warganegara Indonesia. Namun dalam kenyataannya tidak semua sekolah memahami betul bagaimana pendidikan karakter. Dan sebagai pendidikan yang memiliki tujuan dengan pembelajaran keagamaan yaitu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai calon pendidik, perlu kiranya untuk mengetahui implentasi pendidikan karakter di suatu lembaga pendidikan dengan meneliti suatu lembag apendidikan tertentu yang dalam hal ini peneliti memilih pembelajaran keagamaan sebagai subjek penelitian. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan keimanan dan ketakwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa di MI Muhammadiyah Gumelar? (2) Bagaimana implementasi pendidikan kepedulian terhadap kemanusiaan dan lingkungan di MI Muhammadiyah Gumelar? (3) Bagaimana implementasi pendidikan kebangsaan di MI Muhammadiyah Gumelar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan keimanan dan ketakwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah Gumelar. (2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan kepedulian terhadap kemanusiaan dan lingkungan melalui kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah Gumelar.(3) Mendeskripsikan implementasi pendidikan kebangsaan melalui kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah Gumelar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) implementasi pendidikan keimanan dan ketakwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah Gumelar adalah kegiatan keagamaan rutin yang meliputi ibadah shalat berjama’ah dan tadarus, kegiatan keagamaan tahunan meliputi hari-hari besar Islam: isra’ mi’raj, maulid Nabi, pondok ramadhan. 2) implementasi pendidikan kepedulian terhadap kemanusiaan dan lingkungan melalui kegiatan keagamaansiswa di MI Muhammadiyah Gumelar adalahadanya jum’at bersih dan rasa peduli dengan memelihara lingkungan, menjaga kebersihan dengan sadar lingkungan. 3) implementasi pendidikan kebangsaan melalui kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah Gumelar adalah kegiatan upacara bendera pada hari senin pagi. Dengan penanaman rasa perduli, hormat, penghargaan yang tinggi terhadapbahasa yang digunakan dalam sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:13
Last Modified: 10 Feb 2023 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18636

Actions (login required)

View Item View Item