Persepsi Siswa Tentang Bimbingan Konseling dan Implikasinya Terhadap Keaktifan Siswa di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2013/2014

Karimah, Raudatul (2015) Persepsi Siswa Tentang Bimbingan Konseling dan Implikasinya Terhadap Keaktifan Siswa di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAUDATUL KARIMAH_084 101 097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membahas tentang bimbingan dan konseling di sekolah tidak terlepas dari proses belajar mengajar antara pembimbing dan siswa. Bimbingan dan konseling merupakan komponen integral dari keseluruhan pendidikan di sekolah/madrasah, permasalahan yang dialami siswa beragam dan tidak dapat dihindari meskipun dengan pembelajaran yang baik sekalipun. Bimbingan dan konseling di sekolah/madrasah memiliki tugas memberikan arahan, bimbingan, serta pemecahan masalah yang di alami siswa, baik mencakup masalah pribadi, belajar, social, maupun karir. Banyak persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling di sekolah yang berbeda-beda, dari perbedaan tersebut berimplikasi pada keaktifan siswa di sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: bagaimana persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling dan implikasinya terhadap keaktifan siswa di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan sub fokus masalah dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimana persepsi siswa tentang bimbingan konseling sebagai polisi sekolah dan implikasinya terhadap keaktifan siswa SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember tahun pelajaran 2013/2014 ?. b. Bagaimana persepsi siswa tentang bimbingan konseling sebagai tempat siswa bermasalah dan implikasinya terhadap keaktifan siswa SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan umum dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang bimbingan konseling dan implikasinya terhadap keaktifan siswa di SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: a. Untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang bimbingan konseling sebagai polisi sekolah dan implikasinya terhadap keaktifan siswa SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember tahun pelajaran 2013/2014. b. Untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang bimbingan konseling sebagai tempat siswa bermasalah dan implikasinya terhadap keaktifan siswa SMP Plus Darus Sholah Kaliwates Jember tahun pelajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menurut teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling dan implikasinya terhadap keaktifan siswa disekolah adalah sebagai polisi sekolah yang selalu mengawasi setiap tingkahlaku siswa dan ditugaskan mencari siswa yang bersalah serta juga guru BK sebagai sahabat siswa untuk meluapkan rasa takut dan duka para siswa. Hal ini disebabkan karena pengetahuan siswa tentang bimbingan konseling masih sangat kurang dan juga guru BK berperan ganda yaitu sebagai konselor dan sering kali dipasrahkan tata tertib sekolah. Persepsi demikian berimplikasi pada kekatifan siswa disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:14
Last Modified: 10 Feb 2023 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18641

Actions (login required)

View Item View Item