Pemanfaatan Sumber belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMA Sultan Agung Kasiyan Timur Kabupaten Jember)

Ahyunani, Siti (2021) Pemanfaatan Sumber belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMA Sultan Agung Kasiyan Timur Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI AHYUNANI_T20171352.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemanfaatan, Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam Selama ini pemanfaatan sumber belajar yang digunakan di sekolah hanya terbatas pada guru dan buku. Dengan menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Sehingga masih jarang ditemui adanya guru PAI yang melakukan inovasi dalam pemanfaatan sumber belajar dengan baik. Apabila guru menggunakan sumber belajar dengan baik maka guru akan bisa melihat bahwa pada zaman sekarang penggunaan teknologi seperti internet, Google Classroom, Al-Qur’an, masjid,dan lingkungan sekitarpun bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Selaras dengan adanya sumber belajar maka peneliti ingin meneliti lebih jauh dengan adanya pemanfaatan sumber belajar di SMA Sultan Agung Kasiyan timur ditengah-tengah maraknya wabah virus Covid-19. Sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru PAI dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasan belajar yang inovatif dan lebih efektif. Fokus penelitian : 1) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan Sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa Pandemi Covid-19, 2) Bagaimana Kendala dan alternatif pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa Pandemi Covid-19 Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus (case study). Lokasi penelitian adalah SMA Sultan Agung Kasiyan Timur, dengan subjek penelitian dengan menggunakan teknik perposive sampling dengan 3 informan,Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data yang diperoleh adalah dengan Pengumpulan data, kondensasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dalam pelaksanaan nya sumber belajar yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, seperti menggunakan buku paket untuk pembahasan materi terkait mata pelajaran PAI. Adanya penggunaan laptop dan LCD proyektor untuk menyampaikan informasi yang akan diberikan oleh seorang guru. Sedangkan untuk sumber belajar yang tersedia di SMA Sultan Agung Kasiyan Timur Jember ada berbagai jenis diantaranya perpustakaan, Lingkungan pondok pesantren, internet, alat peraga keagamaan, lingkungan masyarakat dan sebagainya.Sedangkan banyak kendala dalam proses pemanfaatan Sumber belajar PAI meliputi kendala pada pendidik, kendala yang ada di peserta didik, dan kendala yang ada dari fasilitas sumber belajar di SMA Sultan Agung Kasiyan Timur. Untuk alternatifnya antara lain adanya program pelatiham dari pihak sekolah untuk pendidik dalam pemanfaatan sumber belajar, pemberian motivasi dan contoh yang baik kepada peserta didik, serta menjaga dan bertanggung jawab atas fasilitas yang digunakan di SMA Sultan Agung Kasiyan Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:14
Last Modified: 10 Feb 2023 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item