Optimalisasi Peran Leader Dalam Membangun Komunikasi Organisasi Ekstra Kampus (Studi Atas Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember) Tahun Akademik 2018/2019

Latief, A. Shofi (2019) Optimalisasi Peran Leader Dalam Membangun Komunikasi Organisasi Ekstra Kampus (Studi Atas Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember) Tahun Akademik 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A. Shofi Latief_082121025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : PMII, Komunikasi Organisasi, Peran dan upaya Leader. Komunikasi organisasi merupakan bentuk komunikasi antar-pribadi yang memiliki peran sangat penting dalam berjalannya roda organisasi, salah satunya adalah PMII yang merupakan organisasi ekstra dengan jumlah kader relatif banyak dan paling diminati oleh mahasiswa dan mahasiswi IAIN Jember. Sehingga tanggung jawab pimpinan organisasi tersebutpun juga lebih besar. Berdasarkan hasil wawancara kepada ketua umum komisariat PMII IAIN Jember menyatakan bahwa persentase presensi kader pada setiap kegiatan hanya sekitar 60% dari total kader sebanyak 400-600 orang per tahun, Sementara 40% sisanya, meski telah berhasil direkrut justru tidak menunjukkan kehadiran (keaktifan). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran leader dalam membangun komunikasi organisasi di PMII Komisariat IAIN Negeri Jember?, 2) Upaya apa yang dilakukan dalam mengoptimalkan peran leader di organisasi PMII Komisariat IAIN Negeri Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan peran leader dan upaya yang dilakukan leader dalam mengoptimalkan perannya di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Institut Agama Islam Negeri Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskripstif, menganalisis peran leader dan upaya yang dilakukan leader dalam mengoptimalkan perannya di PMII Komisariat IAIN Jember. Teknik pengumpulkan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Penelitin ini memperoleh kesimpulan bahwa peran leader dalam mebangun komunikasi organisasi yaitu sebagai komunikator, mediator, fasilitator, motivator, dan negosiator. Peran-peran tersebut memiliki korelasi positif terhadap upaya-upaya pemimpin dalam mengoptimalkan perannya sebagai Leader di Organisasi PMII yang terbagi menjadi dua yaitu upaya sikap dan upaya tindakan. Upaya sikap terdiri dari beberapa bentuk yaitu, mengenali karaktertik pengurus, melakukan prinsip dasar komunikasi, penanaman kepercayaan (Trust), penanaman rasa kekeluargaan dan bersikap professional sedangkan bentuk upaya tindakan terbagi menjadi dua yaitu tindakan langusung (direct Action ) dan tindakan tidak langsung ( indirect action).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:14
Last Modified: 10 Feb 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item