Peran Advokat Dalam Pelaksanaan Asas Cepat, Sederhana Dan Biaya Ringan Di Pengadilan Agama Jember.

Khaliq, ABD. (2015) Peran Advokat Dalam Pelaksanaan Asas Cepat, Sederhana Dan Biaya Ringan Di Pengadilan Agama Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABD. KHALIQ_083101028.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama dihadapan hukum dan pemerintah. Demikian juga setiap warga dimana mempunyai hak-hak untuk memperoleh keadilan, pelaku dan perlindungan hukum yang sama serta berhak pula menunggu keadilan dan kebenaran berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku tanpa adanya diskriminasi.Namun demikian, realitas kehidupan menunjukkan bahwa semua itu masih berada dalam alam ide, yang sama sekali belum bisa diwujudkan secara optimal dalam kehidupan nyata. Hukum sangat berhubungan sekali dengan manusia dari sejak lahir sampai meninggal, yang merupakan aturan-aturan. Asas cepat dalam waktu singkat, lekas, segera, atau tidak memerlukan waktu yang lama. Kata cepat menunjukan peran seorang advokat kepada jalannya peradilan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran advokat dalam pelaksanaan asas cepat, sederhana dan biaya ringan ?, 2) Faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan penyelesaian beracara di pengadilan agama? Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Kabupaten Jember. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Sedangkan tekhnik pengumpulam data dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam tekhnik analisis data adalah analisis deskrptif kualitatif. Dan dalam tekhnik pengecekan keabsahan data adalah menggunakan triangulasi data dan pemeriksaan sejawat. Hasil temuan penelitian yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Jember meliputi : 1) Peran advokat itu adalah untuk membantu masyarakat awam yang tidak tahu proses beracara di pengadilan agama terkait hukum acara. Namun penggunaan jasa advokat ini tidak dengan biaya ringan, malah menggunakan biaya yang mahal. Penggunaan jasa advokat tidak ada yang prodeo. Ketika menggunakan advokat maka tidak prodeo. Namu dari hasil wawancara menemukan bahwa tidak semua advokat yang hanya mencari keuntungan tapi juga berniat membantu orang yang kesusahan. Dan dalam pengupayaan menekan perkara secara sederhana dan cepat adalah dengan memperkuat struktur hukum agar tidak menjadikaperkara itu berbelit. 2) faktor yang mempengaruhi penerapan asas cepat sederhana dan biaya ringan adalah ketika strukur hukum seperti hakim dan kepolisian yang masih belum menerapkan asas ini secara utuh padahal advokat menginginkan asas ini berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:15
Last Modified: 10 Feb 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item View Item