Peran Buruh Perempuan Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember (Studi Kasus Buruh Gudang Tembakau UD. Jaya Sepuith).

Hadari, Ahlus (2020) Peran Buruh Perempuan Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember (Studi Kasus Buruh Gudang Tembakau UD. Jaya Sepuith). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahlus Hadari_082 144 003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran perempuan dalam rumah tangga pada saat ini telah bergeser ke ranah luar rumah, dalam arti perempuan turut berpartisipasi dalam dunia kerja yaitu bekerja sebagai buruh gudang tembakau. Perempuan yang bekerja di gudang tembakau UD. Jaya Seputih telah memberikan sumbangan pendapatan terhadap keluarganya, bekerja menjadi buruh gudang tembakau perempuan mampu membantu suami dalam memenuhi kebutuhan dalam keluarga diantaranya kebutuhan pokok, kebutuhan kesehatan dan kebutuhan pendidikan dan lain-lain. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran buruh perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga di gudang tembakau UD. Jaya Seputih Kabupaten Jember ? 2) Aspek-Aspek apa saja yang dinegosiasikan bagi Ibu dan Bapak dalam rumah tangga buruh gudang tembakau UD. Jaya Seputih? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan peran perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga sebagai buruh gudang tembakau UD. Jaya Seputih kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan aspekaspek apa saja yang dinegosiasikan bagi Ibu dan Bapak dalam rumah tangga buruh gudang tembakau UD. Jaya Seputih Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga yaitu perempuan yang bekerja membantu suami dalam memenuhi segala kebutuhan dalam keluarga memberikan kontribusi terhadap pendapatan keluarga dengan bekerja sebagai buruh gudang tembakau. Pendapatan perempuan yang diperoleh dari gudang tembakau mampu membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga diantaranya adalah kebutuhan pokok, kebutuhan kesehatan, dan kebutuhan pendidikan dan lain-lain. 2) Aspek-aspek yang dinegosiasikan bagi Ibu dan Bapak dalam rumah tangga buruh gudang tembakau UD. Jaya Seputih adalah masalah tentang kegiatan, waktu dan tugas dalam rumah tangga, diantaranya pembagian waktu antara diluar rumah dan didalam rumah, pembagian tugas rumah tangga suami turut ikut serta dalam membantu semua tugas yang berada dalam rumah tangga seperti mendidik anak, mencuci pakaian, dan bersih-bersih rumah dimana kegiatan seperti mendidik anak dan yang lainnya bisa dilakukan oleh seorang suami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:15
Last Modified: 10 Feb 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item View Item