Implementasi Reward And Punishment Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sumberwringin 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Rosidi, Ahmad (2015) Implementasi Reward And Punishment Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sumberwringin 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD ROSIDI_084 101 223.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ganjaran dan hukuman merupakan alat pendidikan yang keduanya mempunyai prinsip yang bertentangan. Hukuman adalah tindakan yang dijatuhkan kepada siswa dan secara sadar dan sengaja sehingga menimbulkan nestapa. Pemberian hukuman dimaksudkan agar siswa menjadi sadar akan perbuatannya dan berjanji didalam hatinya untuk tidak mengulanginya. Dengan demikian, ganjaran dan hukuman dapat digunakan sebagai alat pendidikan, yang mempunyai maksud dan tujuan-tujuan tertentu, yaitu lebih meningkatkan kemauan yang lebih baik dan lebih keras pada peserta didik tersebut dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Fokus penelitian yang diteliti antara lain: 1) Bagaimana implementasi reward dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumberwringin 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Bagaimana implementasi punishment dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumberwringin 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi reward dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumberwringin 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi punishment dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumberwringin 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan antara lain: pertama, Implementasi reward dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sudah dijalankan dengan baik, untuk membangkitkan motivasi dan semangat siswa untuk belajar sehingga bisa menghasilkan suatu prestasi yang baik, guru mmemberikan reward kepada siswa berupa pujian, senyuman, tepuk tangan, dan hadiah peralatan sekolah (seperti buku, pulpen dan buku gambar). Kedua, Implementasi punishment dijalankan oleh seorang guru untuk membantu siswa lebih disiplin dan menghargai guru ataupun mata pelajarannya. Hukuman yang diberikan antara lain: berdiri di depan kelas, mengerjakan PR, dan menulis sebanyak dua lembar berjanji tidak akan mengulangi lagi kesalahan tersebut. Hukuman tersebut tidak memberatkan siswa namun bisa membuat siswa jera dengan apa yang sudah dilakukan meski tidak dengan menggunakan kekerasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:15
Last Modified: 10 Feb 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18658

Actions (login required)

View Item View Item