Sasmito, Anton (2015) Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Kenakalan Remaja Di MTs Zainul MU’IN Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Anton Sasmito_084 081 104.pdf Download (821kB) |
Abstract
Remaja khususnya yang berstatus sebagai siswa adalah generasi bangsa yang harus dibekali dengan ilmu pengetahuan dan akhlaq yang baik. Oleh karena itu, jika generasi bangsa tersebut berperilaku menyimpang (kenakalan remaja), maka hal itu merupakan tugas keluarga,sekolah serta masyarakat dalam membina dan mendidik agar dapat memenuhi harapan yang dicita-citakan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1). Bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa pelaku kenakalan remaja di MTs Zainul MU’IN Kalisat Jember? (2) Apa saja problematika yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa pelaku kenakalan remaja di MTs Zainul MU’IN Kalisat Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan Bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa pelaku kenakalan remaja di MTs Zainul MU’IN Kalisat Jember. (2) Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa pelaku kenakalan remaja di MTs Zainul MU’IN Kalisat Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode analisis data yang digunakan adalah Deskriptif reflektif, yaitu, analisa yang menggambarkan fenomena-fenomena secara objektif yang terdapat pada objek penelitian, selanjutnya dianalisa dengan mendialogkan data teoretik dan empiris secara bolak-balik dan kritis. Pemeriksaan datanya menggunakan trianggulasi sumber, yang berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah: (1). Kenakalan siswa di MTs Zainul MU’IN Kalisat Jember tergolong dalam kategori kenakalan ringan. Upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi kenakalan sisiwa ada dua yaitu upaya preventif (pencegahan) seperti kegiatan rutin tadarus sebelum pembelajaran dimulai, shalat berjama’ah, kegiatan PHBI, kegiatan pondok Ramadhan, pemberdayaan kegiatan ekstrakurikuler dan lain sebagainya, dan adapun upaya yang sifatnya kuratif yaitu dengan langkah-langkah penanganan umum yaitu memberikan teguran dan nasihat keagamaan, memberi perhatian khusus pada siswa bermasalah serta menghubungi orang tua siswa. Adapun penanganan khusus yaitu dengan pendekatan khusus, menangani kasus secara individual untuk menyelesaikan masalah siswa yang bersangkutan. (2). Problematika yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa pelaku kenakalan remaja adalah minimnya waktu siswa selama belajar di sekolah, kurang baiknya koordinasi antara guru dengan wali murid, perkembangan teknologi yang tak terelakkan serta lingkungan yang kurang mendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 07:15 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18661 |
Actions (login required)
View Item |