Pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin Situbondo Dalam Pendidikan Islam

Margareta, Erlin (2018) Pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin Situbondo Dalam Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erlin Margareta Urfatul Umami_084 131 129.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam memahami teks pemikiran dapat dilihat melalui wejangan K.H.R As’ad Syamsul Arifin dari balik mimbar ketika beliau memberikan petuah kepada santri, tetangga maupun kaum muslim lainnya. Namun amat sedikit orang yang mengetahui beberapa pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin. Buah pikiran beliau seakan-akan terbenam dengan peran kekharismatikannya. Dalam pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin dapat kita lihat mengenai penilaian beliau terhadap kenakalan remaja yang disebabkan karena kurangnya ilmu tauhid yang tertanam di dalam hati mereka. Para pelajar dalam menuntut ilmu harus niat dengan sungguh-sungguh, tidak boleh dijadikan mainan. K.H.R As’ad Syamsul Arifin juga mengingatkan untuk mengagungkan Al-Qur’an dalam menuntut ilmu. Khittah pesantren untuk mencetak pemimpin, fuqaha dan waliyullah. Fungsi pesantren menurut beliau untuk mencetak pemimpin bukan pegawai. Sebab untuk menjadi pemimpin tidak dibutuhkan gelar, yang penting bisa mengaji. Mendapatsatu gelar wali saja sudah untung. Oleh sebab itu beberapa pemikiran K.H.R As’ad SyamsulArifin, amat baik kita simak dan telaah lebih mendalam mengingat pendidikan saat ini yang semakin maju dan modern. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah: Bagaimana pokok pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin dalam pendidikan Islam sekaligus Konsep pendidikan Islam K.H.R As’ad Syamsul Arifin? Adapun tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan pokok pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin sekaligus mendeskripsikan konsep pendidikan Islam K.H.R As’ad Syamsul Arifin dalam pendidikan Islam. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dan Historis Filosofis. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data-data yang telah berkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Content Analisis. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, juga meliputi uji credibility (validitas eksternal) untuk penerapannya, konsistensi di uji dengan dependability (reliabilitas), dan uji confirmability (obyektivitas). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama dari pokok pemikiran K.H.R As’ad Syamsul Arifin dalam pendidikan pesantren diantaranya, menanamkan jiwa tauhid, mengagungkan Al-Qur’an, khittah pesantren mencetak pemimpin fuqaha dan waliyullah, pesantren mencetak pemimpin bukan pegawai. Kedua, konsep pendidikan Islam K.H.R As’ad Syamsul Arifin diantaranya sistem pendidikan Islam, Visi dan Misi Pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, dan Metode Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:13
Last Modified: 10 Feb 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18664

Actions (login required)

View Item View Item