Tinjauan Filsafat Pendidikan Terhadap Tujuan Pendidikan Islam Dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin

Azzahro, Fatimah (2015) Tinjauan Filsafat Pendidikan Terhadap Tujuan Pendidikan Islam Dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimah Azzahro_084 111 356.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan pendidikan merupakan masalah sentral dalam pendidikan. Tanpa adanya perumusan yang jelas dari tujuan pendidikan, perbuatan mendidik menjadi tidak terarah. Karena itu, perumusan tujuan pendidikan menjadi inti dari seluruh perenungan filosofi. Sebab di dalam tujuan pendidikan itu terdapat pandangan hidup serta filsafat hidup dari lembaga yang mendidik. Al-Ghazali adalah salah satu tokoh filosof muslim yang mempunyai kontribusi besar terhadap dunia pendidikan. Hasil pemikiran pendidikannya di antaranya dituangkan dalam kitab monumentalnya, yaitu kitab Ihya’ ‘Ulumuddin yang banyak dijadikan pedoman dalam praktek pendidikan Islam. Fokus kajian dalam skripsi membahas tentang tujuan pendidikan Islam dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin yaitu untuk membentuk manusia sempurna dan selanjutnya diuraikan menjadi dua fokus kajian yaitu: (1) Bagaimana tinjauan filsafat pendidikan terhadap tujuan pendidikan Islam untuk membentuk manusia yang mendekatkan diri kepada Allah?, dan (2) Bagaimana tinjauan filsafat pendidikan terhadap tujuan pendidikan Islam untuk membentuk manusia yang dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk memberikan deskripsi tentang tujuan pendidikan Islam dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin dalam membentuk manusia yang sempurna dan selanjutnya dijabarkan menjadi dua tujuan yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan tinjauan filsafat pendidikan terhadap tujuan pendidikan Islam untuk membentuk manusia yang mendekatkan diri kepada Allah, dan (2) Untuk mendeskripsikan tinjauan filsafat pendidikan terhadap tujuan pendidikan Islam untuk membentuk manusia yang dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan content analysis dan memvalidasi data dengan teknik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tujuan Pendidikan Islam dalam membentuk manusia yang mendekatkan diri kepada Allah merupakan tujuan dimana manusia harus melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala bentuk larangan-Nya. Ditinjau dari filsafat pendidikan, tujuan mendekatkan diri kepada Allah memiliki kesamaan konsep dengan filsafat idealisme dan filsafat pendidikan esensialisme; (2) Mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat merupakan tujuan pendidikan dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin. Manusia harus mampu melaksanakan tugas-tugas keduniaan dan tugas keakhiratan sehingga mampu mencapai bahagia di dunia dan selanjutnya akan memperoleh kebahagiaan di akhirat. Filsafat pendidikan yang memiliki konsep yang sama dengan tujuan ini yaitu filsafat idealisme dan esensialisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:13
Last Modified: 10 Feb 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item